Rektor Launched Facilities of University Development during Unpad 59th Anniversary

[Unpad.ac.id, 15/09/2016] Universitas Padjadjaran meluncurkan berbagai fasilitas pengembangan universitas pada momentum Dies Natalis ke-59. Peluncuran tersebut dilakukan pada acara “Malam Apresiasi dan Inspirasi” Peringatan Dies Natalis ke-59 Unpad, di Grha Sanusi Hardjadinata, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (14/09) malam.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat meluncurkan sejumlah fasilitas pengembangan universitas pada momen "Malam Apresiasi dan Inspirasi" peringatan Dies Natalis ke-59 Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Rabu (14/09) malam. (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat meluncurkan sejumlah fasilitas pengembangan universitas pada momen “Malam Apresiasi dan Inspirasi” peringatan Dies Natalis ke-59 Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Rabu (14/09) malam. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Fasilitas tersebut disampaikan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, di hadapan pimpinan, civitas academica, tenaga kependidikan, dan mitra kerja di lingkungan Unpad. “Karena ini malam kegembiraan, kita akan berbagai kebahagiaan bersama dengan menyampaikan berbagai fasilitas baru yang kita kembangkan,” ujar Rektor.

Fasilitas pertama yang disampaikan ialah Kartu Unpad Sehat. Rektor mengatakan, kartu ini merupakan fasilitasi bagi seluruh keluarga besar Unpad sebagai nilai tambah dari program Jaminan Kesehatan Negara yang diluncurkan Pemerintah. Kartu ini memprioritaskan keluarga besar Unpad untuk dapat mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan.

“Meskipun dari kita sudah mendapatkan jaminan kesehatan (Pemerintah), pemanfaatannya masih terbatas dan tidak mudah. Dengan adanya Kartu Unpad Sehat ini, nanti warga Unpad akan bisa memperoleh prioritas pelayanan kesehatan di Unpad, baik di tingkat primer maupun rujukan,” papar Rektor.

Kartu ini bisa dimiliki oleh seluruh warga Unpad, diantaranya, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, purnabakti, termasuk anggota keluarganya.

Produk kedua yang disampaikan ialah pengembangan e-learning. Rektor mengatakan, kemajuan teknologi saat ini dapat digunakan guna menunjang aktivitas pembelajaran. Layanan e-learning ini memungkinkan proses pembelajaran terintegrasi yang bisa diakses kapanpun dimanapun.

Mahasiswa dapat mengakses berbagai produk perkuliahan melalui e-learning. Rektor menjelaskan, layanan ini juga menjadi fasilitasi bagi para dosen untuk mendiseminasikan beragam produk keilmuannya, baik untuk mahasiswa maupun masyarakat umum.

“Dengan adanya e-learning, kemaslahatan Unpad bagi masyarakat akan lebih baik lagi,” imbuh Rektor.

malam-apresiasi-dan-inspirasi-dies-59-1-tediProduk ketiga yaitu peluncuran Unpad Media Center yang dikelola Fakultas Ilmu Komunikasi. Fasilitas ini, jelas Rektor, menjadi salah satu upaya mendiseminasikan berbagai kepakaran yang dimiliki Unpad melalui sektor media. Di tahap awal, pengembangan Unpad Media Center ini akan terfokus pada siaran radio dan televisi digital.

Fasilitas selanjutnya yang disampaikan Rektor adalah Pusat Pelayanan Terpadu. Layanan yang telah diresmikan pada 22 Agustus lalu ini merupakan upaya implementasi reformasi birokrasi Unpad dalam memberikan pelayanan administrasi satu pintu kepada civitas academica maupun masyarakat umum.

Fasilitas lainnya yang disampaikan Rektor yaitu fasilitas bantuan perumahan terutama bagi tenaga kependidikan golongan I dan II, peluncuran buku profil Unpad, Koperasi Warga Unpad, serta rencana pengembangan Unpad Cafe.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: