Fapet Unpad Bantu Kembangkan Peternakan Domba di Ujung Jaya

Tim Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran berbincang dengan peternak di Kecamatan Ujung Jaya, Sumedang, Jumat (11/2/2022).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dipercaya pihak Kecamatan Ujung Jaya, Sumedang, untuk membantu mengembangkan dan menyelesaikan permasalahan budi daya domba di wilayah tersebut.

Tim Fapet Unpad yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. U. Hidayat Tanuwiria, M.Si., IPU, Dr. Ir. Iman Hernaman, M.Si., IPU, Dr. Ir. Budi Ayuningsih, M.Si., dan Urip Rosani, M.Si., melakukan inventarisasi berbagai permasalahan peternakan di Kelompok Ternak Sugih Mukti, Kecamatan Ujung Jaya, Sumedang, Jumat (11/2/2022) lalu.

Camat Ujung Jaya Didin Hernamawan mengatakan, kehadiran tim Fapet Unpad di Ujung Jaya diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan peternakan, khususnya budi daya domba dan kambing. Menurutnya, beternak domba sudah menjadi bagian dari aktivitas warga di Ujung Jaya.

Mengingat skala usaha budi daya domba masih kecil, perlu upaya mendorong ke arah skala menengah.

Didin pun mengharapkan kunjungan tim Fapet Unpad dapat menjadikan Ujung Jaya menjadi laboratorium lapangan. “Semoga ke depannya Kecamatan Ujung Jaya dapat menjadi laboratorium lapangan bagi Fapet Unpad yang mampu meningkatkan sumber daya manusia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan peternak,” tutur Didin.

Menurut Prof. Hidayat, potensi peternakan di Ujung Jaya sangat baik apalagi jika ditunjang dengan dukungan Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang.

“Kita sama-sama bisa sharing masalah peternakan dengan kelompok ternak Sugih Mukti yang diharapkan ke depannya sumber daya peternak di Kelompok Sugih Mukti akan semakin meningkat,” ujarnya.(rilis)*

Share this: