Hatta Rajasa, “Universitas Merupakan Inkubator Lahirnya Pelaku Wirausaha Muda”

[Unpad.ac.id, 19/03/2013] Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Ir. M. Hatta Rajasa, mengatakan bahwa universitas merupakan inkubator besar lahirnya wirausahawan-wurausahawan muda yang mampu meningkatkan laju perekonomian Indonesia. Hal tersebut disampaikan saat memberikan pidato di hadapan civitas akademika Unpad, (19/03) di Bale Sawala Kampus Unpad Jatinangor.


Foto-foto oleh: Tedi Yusup (Humas Unpad)

“Saat ini jumlah pengangguran di Indonesia masih relatif tinggi sekitar 6-7%. Kita harus minimalkan bahkan sampai 0% dengan mengubah mindset kita menjadi wirausaha,” ungkap Hatta.

Lebih lanjut Hatta menjelaskan, pasca reformasi 1998, Indonesia mengalami transformasi melalui demokrasi yang dicanangkan. Transformasi tersebut dibuktikan dengan masuknya Indonesia sebagai negara ke-16 dalam anggota negara G-20, atau negara sebagai kekuatan ekonomi dunia. Pendapatan per kapita pun terus meningkat.

“Sebelum reformasi, pendapatan per kapita Indonesia masih berkisar 500 US Dolar. Sekarang menjadi 4.000 US Dolar. Tahun 2014 nanti ditargetkan menjadi 5.000 US Dolar, dan di tahun 2025 akan meningkat lagi menjadi 16.000 US Dolar,” kata Hatta.

Mengacu pada target di atas, Indonesia menurut Hatta akan menjadi basis bagi produksi produk di Asia maupun dunia. Namun, harapan tersebut bergantung pada generasi muda Indonesia untuk mampu menempatkan startegi-strategi jitu dalam menghadapi persaingan global. “kita sangat bergantung pada sejauh mana generasi mudah mampu melahirkan inovasi teknologi yang berbasis pada sumber daya alam, manusia, dan iptek,” tegas Hatta.

Terkait dengan dunia usaha, inovasi menjadi kunci utama bagi kemajuan Indonesia. Menurut Hatta, para generasi muda seperti mahasiswa, seharusnya berani melakukan transformasi dan inovasi untuk memajukan bangsa Indonesia melalui praktik dunia usaha.

“Menjadi wirausahawan itu harus mampu menjadi inovator dan berani untuk mengubah cara pandang terhadap dunia yang ada,” kata Hatta.

Oleh karena itu, Hatta sendiri menambahkan ada 3 hal yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha, yakni mengembangkan jaringan, pantang menyerah, dan mempunyai sesorang yang mampu mengangkat seorang wirausahawan tersebut.

Dialog interaktif yang bertajuk “Pengembangan Potensi Kewirausahaan di Perguruan Tinggi dalam Upaya Memperkuat Pilar Perekonomian Nasional” digelar oleh mahasiswa program studi Ilmu Hubungan Masyarakat kelas C Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad. Dihadiri oleh mahasiswa dan pelaku usaha di lingkungan Unpad, Hatta pun berpesan untuk lebih mengembangkan kreativitas dan inovasi di dunia usaha.

“Kemajuan negara kita ada di tangan generasi muda yang keratif. Kreativitas akan terasa manfaatnya jika bisa memecahkan masalah dan dapat membantu orang lain,” pesan Hatta.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

Share this: