Tiga Dosen PSMIL Unpad Jadi Dosen Tamu di University of Tokyo

Kiri ke kanan: Budhi Gunawan, M.A., Ph.D, Sunardi, M.Si., Ph.D, Parikesit, M.Sc., Ph.D *

[Unpad.ac.id, 4/03/2013] Program internasionalisasi Unpad telah membuahkan hasil yang cukup menggembirakan dan mendapat respon yang semakin positif dari mitra perguruan tinggi di luar negeri. Berbagai prestasi dan penghargaan tingkat internasional banyak diraih oleh dosen dan mahasiswa Unpad dalam berbagai kesempatan. Begitu pula halnya dengan pengakuan dari pihak mitra perguruan tinggi di luar negeri kepada dosen Unpad antara lain dalam bentuk undangan menjadi dosen dan peneliti tamu.

Kiri ke kanan: Budhi Gunawan, M.A., Ph.D, Sunardi, M.Si., Ph.D, Parikesit, M.Sc., Ph.D *

Pada awal tahun 2013 ini, the University of Tokyo (UT) Jepang mengundang tiga dosen Unpad untuk melakukan kegiatan akademik dan ilmiah sebagai bagian dari implementasi Memorandum of Understanding (MoU) antara Unpad dan UT yang telah berlangsung selama lebih dari 10 tahun.

Dalam rilisnya, ketiga dosen Unpad tersebut adalah,  Parikesit, M.Sc., Ph.D., dosen Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad, yang diundang menjadi Visiting Associate Professor selama 7 bulan untuk mengampu mata kuliah Biodiversity and Ecosystem Services in the Agricultural Landscape of Monsoon Asia di Department of Ecosystem Studies, Graduate School of Agricultural and Life Sciences UT. Selanjutnya, Budhi Gunawan, M.A., Ph.D., dosen Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad, yang mendapat undangan untuk memberikan materi kuliah (lecture) tentang relasi manusia dan lingkungan di Department of Human Ecology, School of International Health, Graduate School of Medicine UT dan di Laboratory of Human Ecology, Faculty of Health Sciences, Hokkaido University, Japan, dari tanggal 22 Januari hingga 3 Maret 2013. Yang terakhir, Sunardi, M.Si., Ph.D., dosen Program Studi Biologi FMIPA Unpad, yang diundang sebagai Visiting Researcher di Department of International Studies, Faculty of Frontier Sciences UT pada 25 Februari – 1 Maret 2013.

Selama berada di UT, ketiga dosen Unpad yang juga menjadi pengajar pada Program Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan (PSMIL) Unpad dan peneliti di Pusat Penelitian Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PPSDAL) LPPM Unpad melakukan berbagai diskusi dengan profesor dan pengajar di UT untuk peningkatan program kerja sama di masa mendatang.

Untuk kegiatan 5 tahun ke depan, diskusi masih difokuskan pada penyusunan joint proposal dan joint research dengan salah satu target utamanya adalah melakukan joint publication pada international peer-review journals atas dasar prinsip kesetaraan. Ketiga dosen Unpad tersebut menyampaikan berbagai skema pendanaan penelitian yang disediakan oleh Unpad dan Dikti yang dapat memperkuat kerja sama pendidikan dan penelitian, termasuk untuk pengembangan research-based teaching. *

Rilis oleh: Program Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan (PSMIL) Unpad/mar *

Share this: