Dukung Penerapan Kampus Merdeka, Ika Unpad Luncurkan Pusat Pengembangan Karier

Kampus Merdeka
Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran Irawati Hermawan bersama Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita meluncurkan “Kampus Merdeka & Career Development Center” atau KM-CDC Ika Unpad di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (4/3). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id] Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran meluncurkan “Kampus Merdeka & Career Development Center” atau KM-CDC Ika Unpad untuk mendukung implementasi program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar di lingkungan Unpad.

Peluncuran dilakukan secara resmi oleh Ketua Ika Unpad Irawati Hermawan, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita dalam acara Unpad Kampus Merdeka Webinar Series yang disiarkan secara langsung dari halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (4/3).

Dalam sambutannya, Ira mengatakan, KM-CDC merupakan salah satu upaya Ika dalam membantu mewujudkan target Majelis Wali Amanat Unpad, yaitu menjadikan Unpad sebagai perguruan tinggi terdepan dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka Kemendikbud RI.

Lebih lanjut Ira menjelaskan, ada sejumlah fokus yang akan dilakukan KM-CDC Ika Unpad. Fokus pertama adalah memfasilitasi kebutuhan magang bagi mahasiswa Unpad di berbagai perusahaan. Utamanya perusahaan yang memiliki alumni Unpad di dalamnya.

Guna mendukung hal tersebut, Unpad akan menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan swasta, BUMN, hingga lembaga negara terkait fasilitasi magang untuk mahasiswa. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang digelar di acara tersebut.

Fokus kedua, kata Ira, KM-CDC Ika Unpad akan memfasilitasi alumni untuk bisa mengajar di kampus. Ika Unpad telah membangun jejaring dengan sejumlah alumni yang berhasil menapaki kariernya di berbagai sektor.

“(Kita dorong) alumni aktif berikan pelatihan dan pembekalan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk mempersiapkan diri mereka dalam memasuki dunia kerja,” kata Ira.

Sampai saat ini, jumlah alumni Unpad mencapai 280 ribu orang dan tersebar di banyak daerah di Indonesia maupun luar negeri. Banyak pula para alumni yang memegang jabatan penting di berbagai perusahaan atau pemerintahan.

“Karena itu, Ika Unpad bersama sivitas akademika Unpad menyerukan para alumni prominen tersebut untuk kembali ke kampus untuk mengajar dan memberikan wawasan kepada adik-adik mahasiswa Unpad,” tambah Ira.

SDM Berkualitas

Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengapresiasi atas komitmen Ika dalam mendukung penerapan Kampus Merdeka di Unpad. Menurutnya, dalam membangun kualitas pendidikan tinggi di Unpad akan membutuhkan gandengan dari para alumni.

“Kepada alumni, kami berikan apresiasi sangat tinggi. Jangan bosan untuk membantu Unpad, khususnya para mahasiswa kami,” kata Rektor.

Rektor pun menyoroti program magang mahasiswa Unpad di sejumlah perusahaan dan lembaga. Menurunya, tempat magang berperan penting dalam pembentukan kualitas mahasiswa.

Karena itu, Rektor menitip pesan agar penyedia magang tidak hanya menyediakan tempat untuk magang. Akan tetapi ikut berkontribusi dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

“Mohon sediakan tempat magang yang bersama-sama akan membentuk SDM yang berkualitas,” kata Rektor.

Acara tersebut diisi dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan sejumlah mitra industri dan pemerintah, antara lain Paragon Technology and Innovations, Tanihub, Tiket.com, serta Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Keuangan.*

Share this: