Kyoto Sangyo University Jajaki Kembali Kerja Sama dengan Unpad

dan perwakilan Unpad, Handarto, S.TP., M.Agr., PhD. *

[Unpad.ac.id, 20/02/2013] Unpad kembali menjajaki peluang kerja sama dengan universitas dari Jepang. Kali ini, peluang itu datang dari Kyoto Sangyo University yang dua orang perwakilannya, Edy Priyono dan Junya Kunimasa, datang berkunjung ke Unpad, Selasa (19/02) kemarin.  Mereka diterima oleh staf Kantor Kerja Sama Unpad, Handarto, S.TP., M.Agr., PhD., di Gedung Kerja Sama Kampus Unpad Dipatiukur Bandung.

Perwakilan Kyoto Sangyo University, Junya Kunimasa, dan perwakilan Unpad, Handarto, S.TP., M.Agr., PhD. *

“Saat ini kita sudah meluaskan jaringan pertukaran pelajar ke beberapa negara. Di Indonesia sendiri ada 3 universitas yang kita jajaki, salah satunya Unpad,” ujar Edy. Hal tersebut didasarkan pada cukup banyaknya mahasiswa dari Kyoto Sangyo University yang belajar di Unpad. Tahun lalu saja, sebanyak 25 mahasiswa Kyoto Sangyo University belajar ke Unpad.

“Oleh karena itu, kita ingin meningkatkan kerjasama tersebut bukan hanya dari segi pertukaran pelajar saja. Namun, dalam hal lainnya, seperti pertukaran pengajar maupun staf kependidikan,” tambah Edy.

Adapun bentuk kerja sama yang akan dilakukan adalah program student exchange, teacher exchange, dan staff exchange, double degree, joint research, joint seminar, dan joint publication.  Kolaborasi tersebut menurut Edy diharapkan dapat dilakukan untuk setiap bidang mata kuliah. Sementara untuk program student exchange, Kyoto Sangyo University, sendiri sudah sering mengirimkan mahasiswa untuk belajar di Unpad, khususnya di Program Studi Sastra Jepang.

Terkait dengan kajian Bahasa dan Budaya Jepang, Kunimasa pun menawarkan program belajar bahasa dan budaya Jepang di Kyoto Sangyo University. Program ini difokuskan bagi mahasiswa Unpad yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang dengan belajar langsung di negeri matahari terbit tersebut.

“Kita punya program belajar Bahasa dan Budaya Jepang selama satu semester bagi mahasiswa asing yang belajar di Kyoto Sangyo University. Selain itu, mahasiswa pun dapat merasakan suasana kebudayaan khas Jepang karena Kyoto terkenal sebagai kota tradisional di Jepang,” ujar Kunimasa.

Menurut Handarto, Ph.D., Unpad sangat mengapresiasi tawaran kerja sama tersebut. Penandatanganan kerja sama antara Unpad dengan Kyoto Sangyo University sendiri sebenarnya pernah dilakukan pada tahun 2007 lalu. Oleh karena itu, Handarto mengupayakan agar dilakukan persiapan yang matang untuk mewujudkan kerja sama tersebut ke depannya.

“Kita sangat mengapresiasi sekali dan siap untuk melakukan kerja sama dengan Kyoto Sangyo University. Oleh karena itu, kita harapkan ada prepare requirement lanjutan yang termasuk di dalamnya kesiapan dokumen-dokumen pendukung,” ujar Handarto.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

Share this: