Anugrah Rucita, Penghargaan Unpad kepada Civitas Akademika Yang Aktif Menulis dan Jadi Narasumber Kepakaran di Media Cetak

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia menyerahkan penghargaan Anugrah Rucita Wicara I kepada dosen Fakultas Hukum, Yesmil Anwar, S.H., M.Si., di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (10/01). (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id, 10/01/2013] Unpad terus mendorong civitas akademikanya untuk menulis artikel dan memublikasikannya di media massa. Sebagai tindak lanjut dari upaya tersebut, pada Kamis (10/01), digelar penyerahan penghargaan “Anugrah Rucita Aksara” dan “Anugrah Rucita Wicara” kepada dosen dan mahasiswa yang aktif menulis artikel, serta narasumber kepakaran di media cetak. Penyerahan penghargaan tersebut bertempat di Bale Rucita Lantai 1 Gedung Rektorat Kampus Unpad Jatinangor.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kanan) menyerahkan penghargaan Anugrah Rucita Wicara I kepada dosen Fakultas Hukum, Yesmil Anwar, S.H., M.Si. (kiri), di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (10/01). (Foto: Tedi Yusup)

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi bagi para civitas akademika untuk makin aktif menulis dan juga aktif bertemu langsung dengan media untuk dapat menanggapi permintaan wawancara,” ujar Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si., saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Weny mengungkapkan Anugrah Rucita adalah bentuk penghargaan kepada civitas akademika yang terkait dengan kemampuan penyusunan kata-kata (rucita aksara) serta kemampuan menyusun kata-kata lisan (rucita wicara). Hal tersebut ditegaskan oleh Rektor Unpad, Prof. Dr. Ganjar, nama Rucita itu sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang bermakna kreatif.

Rucita Aksara berarti kreatif di dalam menyusun aksara menjadi sebuah tulisan yang bermakna. Kemudian, Rucita Wicara terkait dengan menjadi narasumber,” ungkap Rektor.

Anugrah Rucita Aksara dan Wicara tersebut diambil dari data kliping UPT Humas Unpad dari 14 sampel koran dan majalah bulan Agustus tahun 2011 hingga Juli 2012. Dalam kurun waktu tersebut, telah terkumpul 52 nama dosen, 118 nama mahasiswa, serta 36 nama dosen yang sering muncul sebagai narasumber. Setelah melalui serangkaian seleksi, yakni memilih nama-nama dosen dan mahasiswa yang aktif menulis serta menjadi narasumber sebanyak 3 orang untuk masing-masing kategori

Adapun nama-nama peraih penghargaan tersebut ialah, untuk Kategori Narasumber Kepakaran diraih oleh Yesmil Anwar, S.H., M.Si., (FH) sebagai peraih kategori narasumber terbanyak disusul dengan Prof. I Gede Pantja Astawa (FH), dan Prof. Dr. Hj. Nina Herlina Lubis, M.S., (FIB). Untuk Kategori Penulis Artikel Dosen diraih oleh Dr. Asep Sumaryana, drs., M.Si., (FISIP) sebagai penulis artikel terbanyak dan disusul dengan Prof. Dr. Romli Atmasasmita, S.H., LL.M., (FH), Prof. H. Dede Mariana, M.Si., (FISIP). Adapun untuk Kategori Penulis  Artikel Mahasiswa diraih oleh Asep Salahudin (Pascasarjana) sebagai penulis artikel mahasiswa terbanyak dan disusul dengan Iding R. Hasan (Pascasarjana), serta Mu’ammar Wicaksono (FH).

Pada kesempatan tersebut, Rektor terus mendorong dosen dan mahasiswanya untuk melakukan penelitian, baik penelitian populer berupa opini di media masa, maupun penelitian yang bersifat ilmiah. Untuk tahun ini, Unpad sudah mencanangkan ada sekitar 908 orang dosen yang melakukan penelitian, atau sekitar 50% dari jumlah keseluruhan dosen di Unpad. “Kita selalu berharap akan terus menggalang program tersebut salah satunya melalui Anugrah Rucita seperti ini,” pungkas Rektor.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: