Laporan oleh Artanti Hendriyana

Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 1/5/2020] Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Program Pascasarjana sudah mulai dibuka sejak Jumat, 1 Mei 2020, hingga 3 Juni 2020. Informasi pendaftaran SMUP Pascasarjana dapat dilihat pada laman http://smup.unpad.ac.id/.

Bagi calon pendaftar SMUP Pascasarjana, ada sejumlah mekanisme pendaftaran yang harus diperhatikan. Tahap pertama pendaftaran adalah dengan membuat akun dan mengisi biodata diri pada laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login. Informasi yang perlu dimasukkan dalam akun tersebut antara lain: nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK)/Nomor Paspor, alamat e-mail, nomor ponsel, membuat password, data kewarganegaraan, hingga identitas diri, alamat, data asal pendidikan, data pekerjaan, serta pilihan jenjang dan program studi.

Usai pembuatan akun, pendaftar wajib mengunggah sejumlah dokumen yang disyaratkan. Dokumen tersebut antara lain pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm, pindaian KTP dan Kartu Keluarga, ijazah dan transkrip pendidikan terakhir, sertifikat TKA (Unpad, Bappenas, Himpsi, atau tes TKA/TPA yang dikeluarkan PTN Badan Hukum), sertifikat TOEFL, Pernyataan Tujuan (Statement Purpose) dalam bahasa Indonesia atau Inggris, serta dokumen lain yang disyaratkan program studi.

Khusus untuk Program Doktor, pendaftar wajib mengunggah dokumen surat rekomendasi dari pihak terkait. Selain itu, pendaftar Program Doktor juga dipersilakan memilih calon promotor. Pemilihan dilakukan lewat Direktori Kepakaran Unpad. Usai menemukan calon, pendaftar diharuskan menjalin komunikasi dengan calon promotor untuk mendapatkan persetujuan.

Selanjutnya, peserta dipersilakan membayar biaya pendaftaran SMUP dengan membawa bukti tagihan ke bank yang ditunjuk oleh Unpad. Untuk program Profesi dan Magister biaya pendaftaran sebesar Rp600.000, sedangkan biaya untuk program Spesialis Rp1.250.000, dan Subspesialis Rp1.750.000, serta program Doktor sebesar Rp750.000.

Peserta kemudian mencetak dan menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah menyelesaikan pembayaran. Seleksi dilakukan dengan menggunakan tes wawancara yang digelar secara daring sesuai jadwal yang ditetapkan. Adapun pengumuman SMUP Pascasarjana sendiri akan dibuka pada 10 Juli 2020.(am)*

 

 

Share this: