Pusat Pengembangan Karier Unpad Sediakan Layanan Konsultasi Karier Secara Daring

Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Arif Maulana

kampus Unpad

[unpad.ac.id, 30/4/2020] Di masa kedaruratan akibat pandemi Coronavirus (COVID-19) ini, Pusat Pengembangan Karier (PPK) Universitas Padjadjaran tetap menyediakan layanan konsultasi seputar karier gratis bagi lulusan baru. Bedanya, saat ini layanan konsultasi diberlakukan secara daring.

Ketua PPK Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., menjelaskan, layanan konsultasi karier ini ditujukan bagi mahasiswa yang baru saja lulus ataupun mahasiswa yang akan lulus. Tujuannya untuk memberikan pembekalan mengenai rencana karier ataupun arah karier yang ingin mereka tuju.

Melalui layanan ini, PPK Unpad memfasilitasi pertemuan antara pendaftar layanan dengan tim psikolog. Layanan yang sudah dibuka sejak awal 2019 ini awalnya dilakukan secara tatap muka.

“Seiring dengan perubahan gaya bekerja dan berbagai pertemuan di era pandemi ini, kami memfasilitasi melalui pertemuan secara daring,” ujar Dr. Rosaria.

Dr. Rosaria melanjutkan, prosedur untuk mendapatkan layanan konsultasi ini tetap sama. Pendaftar terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran di laman http://cdc.unpad.ac.id/bimbingan-karir/ atau di bit.ly/KonselingKarierUnpad.

Pada form tersebut, peserta juga dapat memilih waktu konseling karier. Sesuai dengan jadwal, pendaftar akan melakukan konsultasi dengan Psikolog melalui aplikasi Goggle Meet.

Saat ini, layanan konsultasi daring bisa dilakukan pada hari Senin (09.00-11.00), Rabu (10.00-12.00), Kamis (10.00-12.00) dan Jumat (10.00-12.00). Setiap sesi konsultasi dilakukan selama 1 jam.

Adapun konselor yang melakukan layanan merupakan tim adhoc dari PPK Unpad, yaitu  Puspita Adhi Kusuma W.,M.Psi., dan Rezki Ashriyana, M.Psi.

“Kami tidak menutup kemungkinan menambah psikolog agar layanan lebih maksimal. Selain itu, ada komunikasi kepada para pelaku SDM (HR) di beberapa perusahaan yang merupakan alumni Unpad dan bersedia menjadi partner kami dalam kegiatan ini,” kata Dr. Rosaria.

Ada sejumlah permasalahan karier yang bisa dikonsultasikan pada layanan ini, seperti perencanaan karier, kesiapan kerja, pemilihan profesi atau bidang kerja, pemahaman minat dan kemampuan dalam bekerja, serta persoalan personal yang menghambat persiapan karier dan kesiapan kerja.

Melalui layanan ini, Dr. Rosaria berharap nosa menjadi media sekaligus pendamping strategis bagi seluruh mahasiswa dalam merencanakan dan menentukan kariernya di masa depan.

“Perencanaan yang tepat akan membawa  alumni ke pekerjaan yang tepat sesuai dengan potensi diri dan minat, sehingga masa tunggu alumni Unpad dapat menjadi sangat singkat,” tambahnya.

Layanan ini khusus disediakan untuk mahasiswa Unpad dan alumni yang terbilang fresh graduate. PPK Unpad sendiri membuka kesempatan bagi alumni berlatar belakang sebagai Psikolog untuk berkontribusi menjadi tim konselor. Selain itu, bagi alumni yang sudah bekerja (praktisi/wirausahawan), PPK Unpad juga mengajak berkontribusi dalam program karier lainnya, seperti seminar dan bincang karier.*

Share this: