Unpad Gelar Sosialisasi dan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Bekasi dan Sumedang

[unpad.ac.id, 13/12/2019] Universitas Padjadjaran menggelar sosialisasi dan promosi terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ke berbagai lokasi di Jawa Barat, mulai Kamis (12/12). Salah satu lokasi sosialisasi digelar di SMAN 1 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi yang diikuti oleh para guru Bimbingan Konseling (BK) dan perwakilan siswa-siswi SMA kelas XII se-Kabupaten Bekasi.

Tim Sosialisasi dan Promosi Universitas Padjadjaran Dr. Ir. Denie Heriyadi, M.S., memaparkan presentasi tentang Unpad dalam sosialisasi dan promosi terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar di SMAN 1 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Kamis (12/12). (Foto: Marlia)*

Pada pertemuan dengan para guru BK dan siswa-siswi tersebut,  Dr. Ir. Denie Heriyadi, M.S., selaku narasumber dari Unpad menjelaskan mengenai tahapan pendaftaran SNMPTN, UTBK dan SBMPTN tersebut termasuk hal-hal yang baru dalam pelaksanaan tahun 2020 ini.

(baca juga: Unpad Lakukan Sosialisasi dan Promosi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN ke Sejumlah Kota di Jabar)

“Seluruh siswa yang akan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN diharuskan melakukan registrasi dan membuat akun terlebih dahulu di portal LTMPT, https://portal.ltmpt.ac.id. Adapun masa registrasi dan pembuatan akun untuk SNMPTN pada tanggal 2 Desember 2019 – 7 Januari 2020 dan untuk SBMPTN pada tanggal 7 Februari – 5 April 2020,” ujar Dr. Denie.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Muhammad Fariz Firzatullah, mahasiswa Fakultas Hukum Unpad yang juga alumni SMAN 1 Tambun Selatan. Di hadapan para guru dan siswa, Fariz menjelaskan pengalamannya mengawali kuliah di Unpad termasuk tips dan trik menjadi mahasiswa perantau.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Tambun Selatan Kab. Bekasi, Dra. Hj. Maria Magdalena menyambut baik kedatangan tim Unpad untuk menyampaikan sosialisasi tersebut.

“Ini sebuah penghormatan kepada sekolah kami untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan ini. Dengan sosialisasi ini diharapkan para guru dan siswa khususnya di Kabupaten Bekasi ini menjadi lebih paham tentang prosedur pendaftaran ke perguruan tinggi khususnya melalui jalur seleksi nasional,” ujarnya.

Suasana sosialisasi di SMAN 1 Kabupaten Sumedang, Senin (16/12). (Foto: Winda Eka Putri)*

Selain di Kabupaten Bekasi, Unpad juga melakukan sosialisasi di SMAN 1  Kabupaten Sumedang pada Senin (16/12). Acara sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari Unpad Dr. Drs. Slamet Usman Ismanto, M.Si.,  ini dihadiri lebih kurang 110 orang peserta yang terdiri dari guru Bimbingan Konseling dan perwakilan siswa setiap sekolah se-Kabupaten Sumedang.

Untuk lebih memotivasi para siswa, Unpad  juga menghadirkan narasumber alumni dari SMA 1 Sumedang yang saat ini sedang menempuh studi di Program Studi Administrasi Publik FISIP Unpad, Alfirani Lestari. Pada kesempatan tersebut, Alfi berbagi pengalamannya selama kuliah di Unpad dan memberikan motivasi kepada para siswa agar mengikuti seleksi dengan penuh semangat.

“Kuliah di Unpad itu sangat menyenangkan, banyak hal-hal seru yang bisa didapat, di antaranya bisa kenal dengan teman- baru dari berbagai daerah. Selain itu Unpad sangat mendukung kegiatan-kegiatan non akademis, sehingga mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengikuti pelajaran di kelas, tapi juga diharapkan untuk aktif mengikuti organisasi kemahasiswaan yang ada,” ujar Alfi.*

Laporan oleh Marlia dan Winda Eka Putri/am

Share this: