Setahun Berjalan, Posyandu Binaan Darma Wanita Unpad Alami Peningkatan Kinerja Pelayanan

[unpad.ac.id, 21/11/2019] Darma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Padjadjaran telah menginisiasi gerakan masyarakat untuk merevitalisasi dan membina Posyandu Citra di Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, sejak November 2018 silam. Satu tahun berjalan, kini pelayanan Posyandu Citra mengalami peningkatan kinerja, baik dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak maupun kalangan lansia.

Kepala Kantor Program Studi di Luar Kampus Utama Unpad di Kabupaten Garut Ahmad Yamin, SKp., M.Kes., Sp.Kom, saat memberikan sambutan dalam acara ulang tahun pertama Posyandu Citra binaan Darma Wanita Persatuan Unpad di Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (19/11).*

Inisiasi revitalisasi dan bina Posyandu ini dilatarbelakangi kajian awal dosen dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad. Salah satu isi kajian tersebut menjelaskan, masih banyak ditemukan balita dan lansia yang tidak pernah memeriksakan kesehatannya ke Posyandu.

Program revitalisasi dan bina Posyandu menggunakan pendekatan pengorganisasian masyarakat secara langsung mengikutsertakan para kader, mengingat Posyandu adalah organisasi yang berbasis masyarakat.

Kegiatan dibantu oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad, meliputi penguatan kapasitas kader dan pembentukan kader-kader potensial, bantuan fasilitas kesehatan, peningkatan promosi kesehatan kepada masyarakat, serta berbagai inovasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Darma Wanita Persatuan Unpad memberikan apresiasi kepada para kader dan pendukung program bina posyandu dalam acara ulang tahun pertama Posyandu Citra, Selasa (19/11). Pada kesempatan tersebut, perwakilan DWP Unpad Ratna Karmila Ahmad Yamin menyampaikan bahwa bina Posyandu merupakan bagian dari pemberdayaan keluarga yang dilakukan DWP Unpad.

“Terima kasih kepada para kader dan tokoh masyarakat, Kepala Desa Jayaraga, Kepala Puskesmas Haurpanggung, dan Camat Tarogong Kidul atas dukungannya dalam bina posyandu yang sudah berjalan dalam satu tahun ini,” ujar Ratna.

Melalui program tersebut diharapkan akan memberikan manfaat terhadap peningkatan kesehatan ibu dan anak serta berkontribusi dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta peningkatan kesejahteraan lansia.

“Kami ucapkan selamat ulang tahun kepada Posyandu Citra, semoga kinerja Posyandu terutama dalam program kesehatan balita dapat dipertahankan dan kerja sama dengan Dharma Wanita Unpad tetap terjaga,” pungkasnya.

Hasil evaluasi dari bina Posyandu Citra selama satu tahun menunjukkan hasil signifikan, meliputi peningkatan rata-rata kunjungan Posyandu mencapai 22 balita dan rata-rata kunjungan PTM pada Posbindu mencapai 28 lansia setiap bulannya. Peran serta masyarakat dalam kunjungan Posyandu meningkat menjadi 67,69%.*

Rilis: Gusgus Ghraha Ramdhanie (PSDKU Unpad Garut)/art

Share this: