Pemkab Pangandaran Akan Hibahkan Lahan dan Bangunan untuk “Marine Station” Unpad

Logo Unpad.*

[unpad.ac.id, 28/10/2019] Universitas Padjadjaran kembali akan mendapatkan hibah lahan dan bangunan dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Lahan dan bangunan dengan total luas sekira 0,5 hektar ini rencananya akan digunakan untuk pengembangan “Marine Station” yang dikelola Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran berencana akan menghibahkan lahan seluas 0,5 hektar di desa Bojong Salawe, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran untuk pengembangan “Marine Station” Universitas Padjadjaran.*

Dekan FPIK Unpad Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, M.Si., menjelaskan, lahan dan bangunan yang akan dihibahkan terletak di pesisir pantai desa Bojong Salawe, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Lahan dan bangunan tersebut merupakan bekas kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pangandaran.

Inisiasi hibah lahan dan bangunan dari Pemkab kepada Unpad dilontarkan langsung Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata saat memberikan sambutan di acara “Pangandaran Run 2019” yang digelar Program Studi di Luar Kampus Utama Unpad di Pangandaran, Sabtu (26/10) lalu. Hibah aset lahan dan bangunan ini diharapkan semakin mendukung aktivitas tridarma yang dilakukan Unpad.

“Dengan adanya hibah ini, diharapkan dapat mendorong mahasiswa dan dosen didalam meninglatkan kapasitas keilmuan, pembelajaran, dan soft skill dalam bidang pemantauan sumber daya laut,” kata Dr. Yudi.

Lebih lanjut Dr. Yudi menjelaskan, lokasi lahan dan bangunan tersebut dinilai strategis. Terletak langsung di pinggir pantai menjadi lokasi yang baik untuk memonitor sumber daya laut. “Selain itu, lokasi juga dekat dengan ekosistem mangrove, sehingga sangat baik sebagai lokasi riset,” kata Dr. Yudi.

Nantinya, “Marine Station” Unpad akan memiliki sejumlah aktivitas, antara lain: monitor sumber daya laut dengan memanfaatkan tenaga nuklir yang akan bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional, pusat pengenalan berbagai teknologi perikanan dan kelautan kepada masyarakat pesisir, hingga pusat kegiatan praktikum serta riset di bidang perikanan dan kelautan.

“Kehadiran Marine Station ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi sivitas Unpad juga untuk masyarakat pesisir di Pangandaran,” kata Dr. Yudi.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

 

Share this: