Palawa Unpad Akan Lakukan Petualangan Nol Sampah di Gunung Es Haba Xueshan, Tiongkok

Tim Palawa Universitas Padjadjaran ,Ichsan Lovano Pradewa (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Ronni Robinson Simbolon (Fakultas Ilmu Budaya), Muhammad Ikhsan Rizky (Fakultas Geologi), dan Yandi Romadona (Fakultas Teknologi Industri Pertanian) berhasil mencapai Puncak Nemangkawi pada Sabtu (5/3) pukul 11.30 WIT

[unpad.ac.id, 24/10/2019] Unit Kegiatan Mahasiswa Palawa Universitas Padjadjaran kembali akan melaksanakan kegiatan ekspedisi internasional. Pada kegiatan bertajuk “Padjadjaran International Expedition (PIE)” ini, tim Palawa Unpad akan menuju Gunung Es Haba Xueshan, Provinsi Yunnan, Tiongkok.

Logo Unpad.*

Pada ekspedisi kali ini akan ada dua keberangkatan. Keberangkatan pertama akan dilakukan pada 28 Oktober 2019 hingga 6 November 2019 untuk tim advance. Tim selanjutnya direncanakan berangkat pada Maret 2020.

Gunung Es Haba Xueshan di Yunnan dipilih sebagai lokasi tujuan ekspedisi karena masih minimnya pendaki Indonesia yang memilih Yunnan untuk berpetualang. Selain itu, masih belum ada pecinta alam yang secara terorganisasi melakukan pendakian ke Gunung Es Haba Xueshan.

Palawa Unpad mengirimkan dua atlet yakni Samudra Muhammad Rahman (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2016) dan Timothy Syalom Gurusinga (Fakultas Teknik Geologi 2018). Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Palawa Unpad dengan Yayasan Palawa Indonesia.

Dalam melakukan pendakian gunung, Palawa Unpad menggunakan konsep Zero Waste Mountaineering atau “Petualangan Nol Sampah”.  Konsep ini diusung demi menyampaikan pesan zero waste kepada masyarakat.

Palawa Unpad menganggap bahwa perlu adanya kesadaran masyarakat dalam meminimalisir  sampah. Salah satunya dengan mengurangi pemakaian bahan-bahan yang berpotensi menjadi sampah seperti minuman kemasan dan makanan ringan berbungkus plastik. Kesadaran ini perlu dibentuk di berbagai kegiatan, diantaranya pada kegiatan alam bebas.

“Kegiatan PIE yang mengenalkan konsep zero waste mountaineering ini diharapkan dapat memicu semangat para petualang di tanah air untuk turut menerapkan konsep ini pada setiap kegiatan alam bebas,” ujar perwakilan  Palawa Unpad Yandi Romadona dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Palawa Unpad sendiri merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta alam yang mewadahi penyaluran minat dan bakat mahasiswa Unpad dalam berkegiatan terkhusus terkait alam bebas. Sejak berdiri tanggal 24 Maret 1982 sampai sekarang, Palawa Unpad telah banyak melakukan kegiatan baik secara operasional maupun non-operasional, seperti ePadjadjaran Gigantic Cave Expedition, Laos (2011) dan Ekspedisi Padjadjaran Nemangkawi, Papua (2016-2017).*

Rilis/art

Share this: