Pengajaran MPK sebagai Bagian dari Pendidikan Karakter Mahasiswa

Suasana Pelatihan Dosen Pengampu Mata Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh UPT Bidang Studi Unpad, Selasa (30/10). (Foto: Dadan T)

[Unpad.ac.id, 30/10/2012] Dalam rangka memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi serta pengayaan mengenai mata kuliah umum atau Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), UPT Bidang Studi Unpad menyelenggarakan Pelatihan Dosen Pengampu Mata Kuliah Umum untuk lingkungan Unpad. Pelatihan ini diikuti oleh 72 baru dosen MPK dari berbagai fakultas dengan latar belakang keilmuan yang berbeda-beda.

Suasana Pelatihan Dosen Pengampu Mata Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh UPT Bidang Studi Unpad, Selasa (30/10). (Foto: Dadan T)

Menurut Kepala UPT Bidang Studi Unpad, Dr. H. Fahmi Lukman M. Hum., para dosen tersebut memiliki latar belakang ilmu yang berbeda-beda tergantung dari asal fakultasnya. Mereka diberi tugas tambahan untuk mengajar MPK di lingkungan Unpad, baik di fakultasnya ataupun lintas fakultas. MPK sendiri terdiri atas mata kuliah agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada pelatihan kali ini dosen Agama yang mengikuti pelatihan hanya dosen Agama Islam.

“Para dosen baru ini adalah dosen lama di fakultasnya masing-masing. Mereka diberi tugas tambahan mengajar MPK ini antara lain untuk memenuhi tenaga dosen MPK di Unpad yang masih kurang. Saat ini masih banyak mata kuliah MPK yang diajarkan di kelas-kelas besar karena keterbatasan dosen. Diharapkan tahun depan MPK ini diajarkan di kelas-kelas kecil agar lebih efektif,” ujarnya saat dihubungi disela-sela pelatihan yang berlangsung pada Senin dan Selasa (29-30/10) bertempat di Ruang Serba Guna Lantai 3 Gedung I Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung ini.

Pada pelatihan yang dibuka oleh Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia tersebut, para peserta mendapat materi yang berkaitan dengan pemahaman bidang masing-masing, pendalaman dan penyamaan persepsi serta pengayaan-pengayaannya serta konten-konten baru pada MPK. Materi pada pelatihan ini diberikan oleh tim UPT Bidang Studi Unpad, termasuk Rektor.

Pelatihan ini sendiri bertujuan selain untuk menyamakan persepsi diantara para dosen baru tersebut, juga untuk memberikan aspek-aspek bagaimana membelajarkan mahasiswa tentang MPK ini. Selain itu dari pelatihan ini diharapkan terbentuknya draf kompetensi yang akan dihasilkan.

“Menurut Rektor saat membuka pelatihan, 80% aspek perkuliahan adalah mencakup pembentukan character building. Mata kuliah pada MPK inilah sebagai bagian dari pembentukan karakter tersebut. Bila dulu dosen-dosen MPK ada yang didatangkan dari luar Unpad sebagai dosen luar biasa, diharapkan dosen-dosen MPK yang sekarang dari dalam Unpad ini dapat menjadi role model bagaimana beretika, kesantunan, bagi mahasiswa dan dosen yang lain secara lebih intens, sebagai bagian dari pendidikan karakter tersebut,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa ada tiga hal yang akan dilaksanakan terkait hal tersebut, yaitu, menentukan kompetensi masing-masing MPK, menentukan model pembelajaran yang tepat dan diseminasi pendidikan anti korupsi.

Karena pendidikan karakter ini sepanjang tahun, menurut Dr. Fahmi, diharapkan MPK ini dapat menjadi dasar mempersiapkan mahasiswa dalam menguasai sains dan teknologi yang bisa mewarnai kepribadian mereka. Untuk itu, walaupun mata kuliah ini hanya diajarkan selama satu semester, tapi secara nformal diberikan terus menerus. Untuk mengukur keberhasilan tersebut, akan digelar semacam lokakarya untuk para dosen pengampu MPK tersebut di waktu yang akan datang.*

Laporan oleh: Marlia

Share this: