Ikatan Mahasiswa Notariat Unpad Gelar Padjadjaran Notarial Fair

[unpad.ac.id, 18/3/2019] Ikatan Mahasiswa Notariat (Imno) Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran menggelar ajang Padjadjaran Notarial Fair (PNF) dengan slogan “Challenges Your Skill and Complete Your Deeds with Us” di kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, 15- 16 Maret lalu.

Ketua program studi Magister Kenotariatan Universitas Padjadjaran Dr. Isis Ikhwansyah saat membuka Padjadjaran Notarial Fair (PNF).*

Ketua pelaksana kegiatan Fansharry Fahrunizarrahman mengatakan, PNF merupakan kegiatan yang dipersembahkan kepada para pendiri Magister Kenotariatan Unpad, di antaranya Notaris Komar Andasasmita, S.H., Prof. Dr. Rochmat Soemitro, S.H., serta Notaris Noezar, S.H., yang telah berkontribusi dan memberikan sumbangsih pemikiran serta pengabdiannya bagi keberlangsungan Magister Kenotariatan Unpad.

Lebih lanjut Fansharry menjelaskan, ajang PNF merupakan kegiatan pertama yang digelar Imno Unpad sekaligus menjadi pionir kompetisi hukum kenotariatan nasional. Dengan menjadi pionir, PNF diharapkan menjadi barometer kompetisi hukum sejenis yang akan digelar perguruan tinggi lainnya.

“PNF mengangkat ide, tema, hingga lomba yang baru dan segar yang menantang para pesertanya untuk menggali sedalam mungkin pengetahuannya tentang hukum terkhususnya hukum kenotariatan. Pada penyelenggaraan pertama di tahun ini PNF mengadakan lomba pembuatan akta, simulasi praktik notaris, serta kuliah umum,” kata Fansharry.

Rangkaian kegiatan utama PNF sendiri adalah berisi kompetisi hukum yang melibatkan tim dari mahasiswa dari Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia.

Pada lomba pembuatan akta dan simulasi praktik notaris, peserta diharuskan menciptakan gagasan baru yang berguna untuk profesi notaris ke depan. Pada tahap pertama atau babak penyisihan, peserta membuat Legal Opinion (LO) dan akta berupa naskah berdasarkan kasus posisi yang telah ditentukan.

Berkas ini akan dinilai oleh para juri yang terdiridari para Magister Kenotariatan maupun FH Unpad, akademisi dan praktisi hukum yang terkemuka di Indonesia serta perangkat Ikatan Notaris Indonesia (INI).

Di akhir sesi simulasi ada proses tanya jawab dari juri kepada peserta. Tim dengan nilai terbaik akan keluar sebagai Juara. Selain itu juga akan dipilih 1 (satu) orang sebagai Pemeran Notaris terbaik.

Para pemenang akan mendapatkan piala bergilir Komar Andasasmita, piala tetap Prof. Rochmat Soemitro, dan Noezar Award untuk pemeran notaris terbaik.*

Rilis/am

Share this: