Logo Unpad.*

[unpad.ac.id, 12/3/2019] Sebagai salah satu bentuk pelayanan jasa terkait aspek psikologis, Tim Pelayanan dan Bimbingan Konseling (TPBK) Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran hadir untuk melayani kebutuhan mahasiswa. Fasilitas ini terbuka bagi seluruh mahasiswa Unpad.

Logo Unpad.*

“Pelayanan TPBK ini tidak hanya untuk mahasiswa Fakultas Psikologi, tetapi juga mahasiswa yang ada di seluruh Unpad,” ungkap Wakil Dekan Fakultas Psikologi Unpad Zahrotur Rusyda Hinduan,S.Psi., MOP, Ph.D.

Lebih lanjut dosen yang akrab disapa Rosie ini menjelaskan bahwa TPBK Fakultas Psikologi Unpad memiliki dua tujuan, yaitu untuk membantu mahasiswa Unpad yang memiliki masalah pada aspek psikologis dan juga sebagai tempat mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad belajar menghadapi kasus dengan supervisi dari Dosen yang juga Psikolog.

Di TPBK Fakultas Psikologi Unpad ini akan dibedakan antara permasalahan personal dan permasalahan akademis. Untuk permasalahan akademis, tim yang akan menangani yaitu Dosen dan Mahasiswa dari Program Studi Psikologi Profesi (S2) Peminatan Psikologi Pendidikan. Sementara untuk permasalahan personal akan ditangani oleh Dosen dan Mahasiswa dari Peminatan Psikologi Klinis Dewasa.

“Kalau yang kami lihat dari catatan yang ada di TPBK, yang lebih banyak itu adalah yang permasalahan personal yang mungkin nantinya berakibat ke akademik,” ujar Rosie.

Beberapa masalah psikologis yang dihadapi mahasiswa seperti stres berkepanjangan, sering menyakiti diri, broken home, putus cinta, sering gugup, sulit bicara, merasa putus asa, sedih yang berlebihan, depresi, dan sebagainya.

“Ada berbagai permasalahan psikologis yang mungkin dihadapi mahasiswa. Perlu kiranya para mahasiswa memiliki social support yang positif, baik dari keluarga, teman, dosen ataupun konselor profesional. Support yang tepat akan membantu seseorang untuk mengatasi stres akibat permasalahan yang dihadapinya” ujar Rosie.

Untuk mahasiswa yang ingin menggunakan layanan ini, mahasiswa diharuskan mendaftar dengan langsung datang ke TPBK Fakultas Psikologi Unpad. Setelah mendaftar, mahasiswa pun akan diberikan jadwal untuk melakukan konseling dengan tim.

Dalam melayani mahasiswa, biasanya tim TPBK menjadwalkan beberapa kali pertemuan, meliputi wawancara, psikotest, konsultasi, dan terapi yang disesuaikan dengan kondisi klien. Penanganan pun bersifat individual tergantung dari permasalahan yang dihadapi.

Untuk penanganan masalah tertentu, mahasiswa juga dapat diarahkan ke Biro Pelayanan dan Inovasi Psikologi (BPIP) Unpad. Selain itu untuk kasus-kasus yang membutuhkan penanganan psikiatri, tim juga akan mengarahkannya pada psikiater.

Tidak hanya menangani masalah psikologis mahasiswa, Dosen dari Fakultas Psikologi Unpad juga kerap memberikan pelatihan konseling bagi para dosen wali dari sejumlah fakultas di lingkungan Unpad.

Rosie pun menyarankan bagi mahasiswa yang memiliki permasalahan psikologis untuk terlebih dahulu berkomunikasi dengan dosen wali atau Kepala Program Studi masing-masing. Jika tidak tertangani oleh pihak fakultas, mahasiswa dapat datang ke TPBK Fakultas Psikologi atau BPIP.

“Kami memang terbuka bagi seluruh mahasiswa Unpad untuk yang ingin berkonsultasi. Tapi mahasiswa disarankan berbicara dengan dosen walinya terlebih dahulu. Kalau tidak, bisa ke Kaprodinya,” ujar Rosie.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: