Kenali Potensi Diri Kunci Sukses Hadapi Dunia Kerja di Era Disruptif

[unpad.ac.id, 28/1/2019] Lulusan Universitas Padjadjaran harus memiliki kompetensi baik untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Keterampilan nonteknis (softskill) harus dimiliki setiap lulusan selain kemampuan akademik yang didapat selama mengikuti perkuliahan.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Rezki Ashriyana Sulistiobudi, M.Psi., memberikan sejumlah materi pengembangan diri kepada lulusan Universitas Padjadjaran dalam acara “Paragon Campus Roadshow” yang digelar atas kerja sama Kantor Tracer Study & Career Development Center (TSCDC) Unpad dengan PT. Paragon Innovation Technology di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (28/1). (Foto: Tedi Yusup)*

Dosen Fakultas Psikologi Unpad Rezki Ashriyana Sulistiobudi, M.Psi., menjelaskan, ciri era revolusi industri 4.0 selain perubahan segala aspek menuju digital adalah fleksibilitas. Setiap individu dituntut untuk lebih fleksibel dan cepat beradaptasi dalam setiap perubahan.

“Kemampuan luwes, gampang berubah atau bisa menyesuaikan diri adalah kompetensi yang penting,” ujar Rezki dalam acara “Paragon Campus Roadshow” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (28/1). Acara diikuti oleh sejumlah lulusan Unpad yang akan mengikuti Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2018/2019.

Agar siap menghadapi era ini, lulusan Unpad harus mampu menonjolkan potensi diri. Mengetahui potensi yang dimiliki adalah sebuah keharusan. Sayangnya, banyak di antara lulusan perguruan tinggi di Indonesia tidak mengetahui potensi yang dimilikinya.

Rezki mengatakan, hal ini menjadi hambatan tersendiri. Pasalnya, ketidaktahuan akan potensi diri menyebabkan seseorang sulit bersaing di dunia kerja. Ada banyak perubahan yang terjadi di era revolusi industri 4.0.

Dengan mengenali potensi diri, lulusan diharapkan akan bekerja sesuai dengan kemampuan dan ketertarikannya. Rezki menjelaskan, job passion penting dimiliki oleh lulusan. Hal ini berkaitan dengan produktivitas dan kebahagiaan saat bekerja.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh lulusan sebelum memasuki dunia kerja. Pertama, lulusan wajib mengenali kemampuan yang dimiliki oleh diri. Kedua, lulusan mampu mengenali kesempatan.

“Selanjutnya, ketika potensi dan kesempatan sudah ada, lulusan harus bisa menentukan keputusan apa yang akan diambil. Terakhir, bagaimana kita bisa menyesuaikan dengan tuntutan pekerjaan,” ujar Rezki.

Acara “Paragon Campus Roadshow” digelar atas kerja sama Kantor Tracer Study & Career Development Center (TSCDC) Unpad dengan PT. Paragon Innovation Technology. Kegiatan digelar untuk mempersiapkan lulusan Unpad sebelum bersaing di dunia kerja.

Acara juga diisi dengan pengenalan seputar perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kosmetik oleh tim Human Capitar PT. Paragon. Turut hadir Business Development Manager PT. Paragon Euis Yovitasari dan Customer Development Frans R.A. Simatupang. Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S.*

Laporan oleh Arief Maulana

Share this: