Dr. Lina Meilinawati Jadi Dosen Tamu di Guangxi University for Nationalities dan Xiangsihu College, Tiongkok

[unpad.ac.id, 26/11/2018] Dosen Program Studi Sastra Indonesia Universitas Padjadjaran Dr. Lina Meilinawati, M.Hum., diundang sebagai dosen tamu di Guangxi University for Nationalities (Gxun) dan Xiangsihu College, Republik Rakyat Tiongkok, 19 – 22 November lalu.

Dosen Program Studi Sastra Indonesia Universitas Padjadjaran Dr. Lina Meilinawati, M.Hum., memberikan kuliah umum tentang sastra Indonesia di Guangxi University for Nationalities (Gxun) dan Xiangsihu College, Republik Rakyat Tiongkok, 19 – 22 November lalu.*

Dr. Lina diundang untuk menyampaikan kuliah umum seputar sastra Indonesia di kedua perguruan tinggi tersebut. Undangan ini merupakan salah satu implementasi kerja sama antara Unpad dan kedua perguruan tinggi tersebut pasca penandatangan MoU yang dilakukan pada April 2017 lalu.

Materi yang disampaikan Dr. Lina tentang perjalanan sastra Indonesia berikut beragam karya penting dalam setiap periode, perkembangan sastra Melayu-Tionghoa di Indonesia pada awal abad kedua puluh, serta budaya Indonesia.

Kuliah umum ini digelar di Program Studi Bahasa dan Budaya Indonesia Gxun dan Xiangsihu College dan diikuti oleh mahasiswa dari semester 1, semester 3, dan semester 7.

“Mereka sangat antusias belajar sastra dan budaya Indonesia karena kecenderungan mahasiswa memilih topik skripsi tentang budaya Indonesia maupun sastra Indonesia sangat banyak,” ujar Dr. Lina dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Lebih lanjut Ketua Program Studi Sastra Indonesia ini juga menjelaskan, antusiasme mahasiswa mengikuti kuliah didasarkan belum adanya pakar sastra Indonesia di Gxun. Hal tersebut juga dikemukakan Ketua Program Studi Bahasa dan Budaya Indonesia Gxun Wei Alin.

“Mahasiswa merasa kuliah umum ini sangat berguna dan membuka wawasan tentang khazanah sastra Indonesia,” kata Alin.

Selain menyampaikan kuliah umum, Dr. Lina juga mengikuti diskusi dengan para dosen dari prodi Bahasa dan Budaya Indonesia Gxun. Diskusi tersebut membahas penguatan kurikulum perkuliahan di prodi tersebut.*

Rilis/am

Share this: