Ini Program yang Dilakukan Mahasiswa KKN Ekspedisi Nusantara Jaya Unpad di Bima, NTB

[unpad.ac.id, 4/9/2018] Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2018 “membangun pulau terluar di Indonesia”, hasil kerja sama Universitas Padjadjaran dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, telah rampung dilaksanakan di Desa Bajo Pulau, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, 13 Agustus 2018 lalu.

Suasana aktivitas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Padjadjaran-Kemenko Maritim RI di Desa Bajo Pulau, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.*

Sebanyak 25 mahasiswa Unpad menjadi peserta KKN ENJ 2018. Di sana, mahasiswa belajar memahami beragam potensi budaya dan pariwisata yang diharapkan menjadi salah satu upaya meningkatkan daya saing Indonesia.

Berangkat pada 21 Juli lalu, mahasiswa berangkat menggunakan transportasi darat dan laut. Total waktu perjalanan menghabiskan waktu tiga hari. Sesampainya di Bima, mahasiswa melakukan sosialisasi program terlebih dahulu kepada pihak Bupati Bima, militer, Badan Narkotika, Kementerian Perikanan dan Kelautan, serta pihak kecamatan setempat.

Selama melaksanakan KKN, mahasiswa menjalankan sejumlah program. Di bidang pendidikan,  mahasiswa membantu Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang ada di Desa Bajo Pulau dengan menjadi tenaga pengajar.

Selain itu, mahasiswa juga membuat program ‘ruang inspirasi’, yaitu membangun semangat dan mimpi anak-anak Bajo Pulau untuk terus belajar dan menggapai cita-citanya.

Di bidang kesehatan, mahasiswa melakukan pengarahan mengenai bahaya narkotika dan psikotropika. Ini didasarkan banyaknya kasus masyarakat Bajo Pulau yang mengonsumsi Tramadol atau obat pereda rasa sakit secara berlebihan.

Mahasiswa KKN juga membuat program ‘Aku, Kamu, Kita, Ayo Hidup Sehat’ yaitu pemeriksaan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat Bajo Pulau, dari Bajo Pulau Barat, Tengah, maupun Timur.

Berbagai aktivitas rutin masyarakat Pulau Bajo dilakukan oleh mahasiswa, seperti mencari ikan, melaut, membuat masakan khas Pulau Bajo, membuat pernak-pernik kerajinan, mengolah dekorasi untuk hari kemerdekaan, hingga ikut serta dalam kegiatan tahunan maupun kegiatan olahraga masyarakat Pulau Bajo.

Dengan berakhirnya program KKN ENJ Unpad 2018, mahasiswa telah banyak menggali potensi budaya dan pariwista yang diharapkan dapat dikembangkan dalam upaya meningkatkan daya saing Indonesia dan membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia,

Hal ini sekaligus mengingatkan masyarakat lokal untuk selalu menjaga habitat penting dan ekosistem laut di Indonesia. Salah satu upayanya adalah memberikan penyuluhan untuk tidak melakukan pengeboman ikan.*

Rilis/sp/am

 

Share this: