PT. Indonesia Power UPJP Kamojang Jalin Kerja Sama dengan Pusat Studi di FISIP Unpad

[unpad.ac.id, 23/7/2018] Pusat Studi Corporate Social Responsibilty (CSR), Kewirausahaan Sosial, dan Pengembangan Masyarakat FISIP Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama intensif dengan PT. Indonesia Power Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Kamojang, Jawa Barat.

Ketua Pusat Studi Corporate Social Responsibilty (CSR), Kewirausahaan Sosial, dan Pengembangan Masyarakat FISIP Universitas Padjadjaran Dr. Santoso Tri Rahardjo (kedua dari kanan) bersama staf peneliti pusat studi melakukan kunjungan ke kantor PT. Indonesia Power Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan Kamojang, Ibun, Kabupaten Bandung, awal Juli lalu.*

Inisiasi kerja sama ini dimulai penjajakan awal PT. Indonesia Power UPJP Kamojang ke kantor pusat studi pada akhir Juni lalu. Dalam kunjungan itu, Sps Humas dan Keamanan PT. Indonesia Power UPJP Kamojang, Heri Hermawan, mencoba menindaklanjuti rencana kerja sama jangka panjang terkait kegiatan pendampingan pada program pengelolaan lingkungan hidup.

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad, pendampingan yang dilakukan berupa pemetaan sosial dan penyusunan rencana strategis untuk memenuhi Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) Kementerian Lingkungan Hidup RI. Saat ini, PT. Indonesia Power UPJP Kamojang berada dalam kategori “hijau”.

Pihak pusat studi pun merespons positif tawaran kerja sama ini. Saat kunjungan balasan ke kantor PT. Indonesia Power UPJP Kamojang di Ibun, Kabupaten Bandung, Selasa (3/7) lalu, Ketua Pusat Studi Dr. Santoso Tri Rahardjo mengungkapkan komitmennya untuk membangun kemitraan.

“Kerja sama jangka panjang dan kemitraan ini berlandaskan pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Padjadjaran yaitu Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional, serta Unpad Nyaah ka Jabar nampaknya selaras dan seiring dengan kerja sama yang dibangun,” kata Dr. Santoso.

Selanjutnya, kedua pihak sepakat menentukan lokasi desa untuk pemetaan sosial, serta merencanakan kegiatan pelatihan bagi teknisi lapangan PT. Indonesia Power UPJP Kamojang.

Pelatihan sendiri digelar di kampus FISIP Unpad, Jatinangor, Jumat (20/7) hingga Minggu (22/7). Tidak hanya teknisi lapangan, pelatihan ini juga melibatkan peserta mahasiswa FISIP Unpad. Ada pun pembicara dalam pelatihan ini adalah Heri Hermawan, Dr. Santoso Tri Raharjo, dan Peneliti di Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial dan Pengembangan Masyarakat Unpad Sahadi Humaedi, M.Si.*

Rilis: Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial dan Pengembangan Masyarakat Unpad/am

 

Share this: