Kolaborasi Unpad – UNSW Australia Gelar “Research Collaboration Initiatives”

[unpad.ac.id, 26/09/2017] Universitas Padjadjaran berkolaborasi dengan University of New South Wales (UNSW) Australia melaksanakan kegiatan “Research Collaboration Initiatives” yang digelar di beberapa fakultas di lingkungan Unpad, Selasa (26/09). Kegiatan ini menghadirkan sekira 20 peneliti asing dari UNSW untuk membagikan hasil keilmuan dan penelitiannya kepada civitas academica Unpad.

Sejumlah peneliti University of New South Wales (UNSW) Australia melakukan kunjungan ke Universitas Padjadjaran, Selasa (26/09). Kunjungan dilakukan dalam rangka digelarnya “Research Collaboration Initiative” atas kerja sama Unpad dengan UNSW. (Foto: Tedi Yusup)*

Delegasi UNSW tersebut diterima secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., di ruang Executive Lounge Gedung II Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (26/09) pagi.

Dalam penerimaan tersebut turut hadir Direktur Riset, Pengabdian pada Masyarakat, dan Inovasi Unpad Rizky Abdullah, PhD, Sekretaris Kantor Internasional dr. Ronny, M.Kes., AIFO, PhD, serta beberapa dosen di lingkungan Unpad.

Sejumlah peneliti tersebut berkolaborasi dengan para dosen di lingkungan Unpad untuk membahas berbagai topik dari sudut pandang keilmuan dan penelitiannya. Ada empat tema utama dan 23 sub tema yang dibahas dalam kegiatan ini. Lima tema tersebut yaitu: Enabling Technologies & Sustainability; Law, Economics & Social Science; Health & Bio Technology; serta Food Science and Nutrition.

Digelar di sejumlah fakultas, kegiatan digelar dalam model workshop atau focus group discussion. Di kampus Dipati Ukur, kegiatan digelar untuk subtema “Alleviate Poverty” dengan menghadirkan Dr. Sarah Walker (UNSW), Dr. R. Muhamad Purnagunawan (FEB Unpad), dan Dr. Martin Daniel Siyaranamual (UNSW).

Di Bale Rucita Gedung Rektorat Jatinangor digelar untuk subtema Public Health Interdisciplinar Sociology & Health HIV, Hepatitis B & C” dengan pemateri Prof. Christy Newman (UNSW) dan Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS, PhD (Fakultas Ilmu Keperawatan).

Di kampus FISIP Unpad, Jalan Bukit Dago Utara, digelar untuk subtema “Developmet & Urbanization, Sustainable Management of Natural Resources Impacts of Natural Resource Extraction” oleh Prof. Duncan McDuie-Ra (UNSW) dan Dr. Pichamon Yeophantong (UNSW).

Di kampus Fakultas Kedokteran Unpad digelar untuk subtema “Point of Case Diagnostic” “HIV, AIDS, Poly Reserach & Prevention” dan “Optometry” oleh Dr. Fabio Lisi (UNSW), Dr. Simin Masouri (UNSW), Dr. Benjamin Bavinton (UNSW), Dr. Matt Baker (UNSW), Shelly, dr., SpKJ, PhD (FK Unpad), dan Fathul Huda, PhD (FK Unpad).

Di kampus FMIPA Unpad digelar untuk subtema “Material Chemical”, “Engineering for Greenhouse Gases”, “Future Electricity Networks” “Nanomedicine Drug Delivery”, “Nanomedicine AntiMicrobial”, “3D Printing”, dan “Computational Science” oleh Dr. Hamid Arandiyan (UNSW), Dr. Georgias Konstatinou (UNSW), Dr. Sophia Zi Gu (UNSW), Dr. Edgar Wong (UNSW), Dr. Robert Utama (UNSW), Dr. Alireza Abbasi (UNSW), Prof. Dr. Toto Subroto, M.S., (FMIPA), dan Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS (FMIPA).

Di kampus FPIK Unpad dan Fakultas Teknik Geologi  digelar untuk subtema “Coastal Management” dan “Environmental Impact of Geothermal” oleh Prof.  Xiao Hua Wang (UNSW). Selanjutnya, di kampus Fakultas Psikologi digelar untuk subtema “Mobile Health App” dan  oleh Dr. Nicholas Micallef. Terakhir, di kampus FTIP Unpad digelar untuk subtema “Food Science Nutrition” oleh Prof. Jayashree Arcot.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

Share this: