Administrasi Publik

Gelar Lulusan
Sarjana Administrasi Publik (S.A.P.)
Akreditasi
A (BAN-PT)
Durasi Studi
8 Semester
Lokasi Kampus
Jatinangor

Program studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad merancang kurikulum agar mahasiswa mampu  menguasai konsep dan teori organisasi, manajemen sektor publik, kepentingan publik dan kebijakan publik, serta metode dan teknik bagi penyelesaian masalah dalam penyelenggaraan administrasi publik.

Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam hal pengelolaan dan manajemen organisasi publik, seperti: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kinerja, Sistem Pemerintah Daerah, Akuntansi Sektor Publik, Perbendaharaan Negara, e-Government, Desain Organisasi baik untuk Instansi Pemerintah maupun Swasta.

Program studi Administrasi Publik FISIP Unpad menerapkan perkuliahan dengan metode Student Center Learning (SCL) dan penggunaan teknologi  e-learning. Salah satu keunggulan program studi ini adalah pembelajaran yang dilakukan berbasis penelitian, yaitu dengan mata kuliah praktikum “Metoda Penelitian Administrasi Publik/Ristik”. Dengan program ini, mahasiswa dibiasakan dengan menganalisa berbagai fenomena sosial/kajian administrasi negara/publik dengan cara penelitian langsung ke lapangan atau lokus penelitian.

Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Ilmu Politik (S.IP.).

Prospek Kerja

Lulusan program studi Administrasi Publik FISIP Unpad banyak yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya, diantaranya yaitu di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi-instansi pemerintah, lembaga keuangan, dan lembaga pelayanan publik (swasta maupun pemerintah).

Share this: