Guru Besar FMIPA Unpad, Prof. Dr. Ponis Tarigan, Apt., Tutup Usia

[unpad.ac.id, 10/07/2017] Guru besar purnabakti Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Ponis Tarigan, Apt., hari ini, Senin (10/07) meninggal dunia di Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung dalam usia 81 tahun. Penghormatan terakhir jenazah oleh civitas akademika Unpad dipimpin langsung oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung.

Prof. Dr. Ponis Tarigan, Apt.

Almarhum yang lahir di Johar, 2 Maret 1936 lalu, meninggalkan seorang istri, Yanasari Sembiring dan empat orang anak, yaitu, dr. Prima Artha, Ir. Antonius, Ir. Hera Sushanti, dr. Helen Christin. Usai pelepasan jenazah oleh civitas akademika Unpad, jenazah dibawa ke rumah duka di Jl. Sekeloa Selatan II 3-B Bandung dan akan dimakamkan besok, Selasa (11/7) di Pemakaman San Diego Hill, Karawang.

Almarhum menyelesaikan pendidikan S1 dari Farmasi FMIPA Unpad (angkatan 1968) dan melanjutkan ke jenjang S2 di bidang Kimia di RU Utrech, Belanda pada tahun 1972. Sementara gelar Doktoral diraihnya di FMIPA Unpad pada tahun 1980 dan menempuh postdoctoral Research on Microbial Bioconversion IPCR-Wako-Shi, Jepang pada tahun 1981.

Selama hidupnya almarhum pernah merintis Program Studi Kimia di FMIPA Unpad untuk jenjang S1 hingga S-3. Almarhum juga pernah dianugerahi penghargaan Satya Karya Bakti 25 Tahun dari Unpad pada tahun 1985 dan Satyalancana Karya Satya Kelas II dari Presiden RI tahun 1992.*

Foto oleh Tedi Yusup
Laporan oleh Marlia

Share this: