Ilmu Kelautan

Gelar Lulusan
Sarjana Kelautan (S.Kel.)
Akreditasi
A (BAN-PT)
Durasi Studi
8 Semester
Lokasi Kampus
Jatinangor

Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad memiliki kekhasan atau penekanan bidang kajian kepada Bioteknologi Kelautan, yaitu penerapan teknologi pada organisme laut untuk menghasilkan produk yang bermanfaat. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Kelautan (S.Kel.).

Dengan payung penelitian konservasi untuk pengembangan bioteknologi, pembelajaran berfokus pada kebutuhan pekerjaan dan juga penciptaan pekerjaan. Untuk itu tersedia berbagai materi seperti eksplorasi sumber daya laut, manajemen pesisir, pemetaan laut dan pantai, dan juga bioteknologi yang didukung dengan program praktikum di laboratorium dan lapangan.

Program studi Ilmu Kelautan FPIK Unpad menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam melakukan kegiatan menyusun rencana, desain, model pemanfaatan potensi sumber daya hayati laut dengan menerapkan pemahaman dan prinsip-prinsip konservasi sumber daya dan lingkungan laut.

Prospek Kerja

Prospek kerja setelah lulus dari Progran studi Ilmu Kelautan FPIK Unpad sangat beragam, tergantung pada minat dan keahlian diantaranya :

  1. Sebagai tenaga pengajar/dosen diperguruan tinggi;
  2. Sebagai tenaga peneliti di lembaga-lembaga penelitian;
  3. Sebagai konsultan di bidang kelautan dan perikanan;
  4. Sebagai instruktur diving;
  5. Sebagai wirausaha maupun pekerja lepas;
  6. Sebagai konsultan di bidang pemetaan;
  7. Lain-lain. Masih banyak lagi lapangan pekerjaan yang dapat dimasuki oleh lulusan sarjana kelautan yang tidak terbatas pada bidang yang pernah dipelajari pada masa perkuliahan.
Share this: