Bagi Calon Mahasiswa Baru, Perhatikan Tahapan Registrasi Mahasiswa Baru Unpad 2016

[Unpad.ac.id, 14/07/2016] Batas akhir waktu pengisian biodata online sebagai salah satu tahapan registrasi mahasiswa baru Universitas Padjadjaran Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 jatuh pada tanggal 18 Juli 2016. Pengisian biodata dilakukan di http://pengumuman.unpad.ac.id dengan menggunakan nomor peserta sebagai UserID dan tanggal lahir sebagai password.

Kasubag Humas & Protokoler Unpad, Rury Ratnasari, S.Sos (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Kasubag Humas & Protokoler Unpad, Rury Ratnasari, S.Sos (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Kepala Sub Bagian Humas & Protokoler Unpad, Rury Ratnasari, S. Sos., mengingatkan agar calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus melalui SBMPTN tidak lalai dalam mengisi biodata online. Meski telah dinyatakan lulus SBMPTN, setiap calon mahasiswa Unpad wajib mengisi biodata online agar tidak dianggap mengundurkan diri.

“Masih ada waktu 4 hari lagi sebelum batas waktu pengisian biodata online pada 18 Juli mendatang. Semoga para calon mahasiswa tidak terlena dengan libur panjang, lalu lupa mengisi biodata sebagai salah satu syarat melakukan registrasi administrasi,” ujar Rury.

Ia juga menambahkan bahwa berdasarkan informasi dari Sub Bagian Seleksi dan Registrasi Unpad, calon mahasiswa baru Unpad diharapkan mengisi biodata online dengan data yang benar dan dilakukan tepat waktu. Untuk itu, calon mahasiswa diharapkan dapat membaca dan memahami informasi alur serta jadwal registrasi yang telah tersaji di laman pengumuman tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, calon mahasiswa dapat mengakses https://smup.unpad.ac.id atau menghubungi layanan informasi Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran di Telp. (022) 84288819 / 84288828, e-mail:smup@unpad.ac.id dan melalui  Whatsapp 0838-2553-2524.

Setelah melakukan registrasi online, tahapan selanjutnya yang harus dilalui adalah tes kesehatan di UPT Kesehatan Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 46 Bandung pada 19-29 Juli 2016. Tanggal ini dapat dipilih oleh peserta saat melakukan pengisian biodata online, sehingga akan langsung terhubung ke bagian pendaftaran untuk layanan tes kesehatan mahasiswa baru.

Kemudian pada 26 Juli 2016, calon mahasiswa baru diminta untuk mengunduh formulir tagihan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mengetahui nomor tagihan dan besaran UKT yang harus dibayarkan. Nomor tagihan ini yang digunakan di- delivery channel masing-masing bank. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller, ATM, mobile banking, atau internet banking di bank yang telah bekerja sama dengan Unpad, yakni BRI, BNI,  Bank Mandiri, BJB, atau BTN.

Pembayaran UKT ini dapat dilakukan hingga 1 Agustus 2016. Bagi yang ingin mendapatkan informasi tambahan mengenai UKT ini, Unpad akan menyediakan layanan helpdesk di Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.
Jika calon mahasiswa sudah menuntaskan pengisian biodata online, para peserta akan mendapatkan jadwal registrasi administratif yang akan dilakukan pada 2 dan 3 Agustus 2016 di Bale Santika Unpad Jatinangor. Saat registrasi administrasi, calon mahasiswa baru diharapkan hadir dengan membawa berkas yang telah ditentukan dan menggunakan pakaian rapi dan sopan, yakni tidak menggunakan kaos, celana jeans, dan sandal.

Rury juga mengingatkan, khusus untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran, wajib hadir di Auditorium Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jln. Prof. Eyckman Bandung pada 1 Agustus 2016 pukul 9.00 WIB dengan didampingi orang tua untuk menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Kerja.

Selain itu, untuk mahasiswa jalur SNMPTN yang telah melakukan registrasi beberapa waktu lalu, mereka diwajibkan mengisi data tambahan yang dapat diakses di laman bit.ly/unpadform. Data ini harus segera diisi sebelum 3 Agustus 2016 mendatang.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: