Humas Unpad Berikan Layanan Informasi Seputar Unpad di Edu Fair 2012

Stan Unpad pada acara Edu Fair 2012 yang diselenggarakan di SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang, Jumat-Sabtu (12-13/10) kemarin, dipenuhi oleh para siswa yang tertarik untuk kuliah di Unpad. (Foto: Arief Maulana)

[Unpad.ac.id, 13/10/2012] Atmosfer keingintahuan para siswa Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Penabur Gading Serpong Tangerang mengenai Unpad terlihat saat mereka mengikuti Edu Fair 2012, Jumat dan Sabtu (12–13/10) kemarin. Banyak para siswa yang bertanya mengenai program studi dan fakultas apa saja yang ada di Unpad. Bahkan, tidak sedikit dari para siswa yang sudah berancang-ancang untuk kuliah di Unpad sebelum mereka lulus sekolah.

Stan Unpad pada acara Edu Fair 2012 yang diselenggarakan di SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang, Jumat-Sabtu (12-13/10) kemarin, dipenuhi oleh para siswa yang tertarik untuk kuliah di Unpad. (Foto: Arief Maulana)

Sarah Lucia misalnya, siswi kelas XII IPS SMAK Penabur ini sangat tertarik untuk mengambil Program Studi Hubungan Internasional di Unpad. Sarah pun tidak ragu untuk bertanya mengenai bagaimana cara masuk, lokasi dan suasana kampus, hingga biaya kuliah di Unpad.

“Saya berminat masuk Unpad, soalnya Unpad kan Perguruan Tinggi Negeri, terus saya juga banyak dikasih tahu sama kakak kelas kalau Unpad merupakan universitas terfavorit,” ujar Sarah.

Tidak hanya Sarah, Dicky Irawan pun berminat untuk masuk ke Fakultas Psikologi Unpad. Siswa kelas XII IPA ini memang menyukai ilmu psikologi setelah mendengar pemaparan dari guru sekolahnya. Setelah diberikan pemaparan oleh staf dari UPT Humas Unpad, Dicky pun mantap untuk melanjutkan kuliahnya di Fakultas Psikologi Unpad. Hal ini pun didasarkan pada persyaratan masuk ke Fakultas Psikologi Unpad yang memang diperuntukkan untuk lulusan dari program IPA.

Meskipun kegiatan pameran pendidikan ini dikhususkan untuk para siswa di SMAK Penabur Gading Serpong, tidak sedikit para siswa dari sekolah lain yang sengaja datang ke pameran ini, khususnya ke stan Unpad. Bukan hanya siswa, para orang tua, guru, dan masyarakat lain pun antusias mencari informasi mengenai Unpad serta mendengar pemaparan dari staf UPT Humas yang diwakili oleh Dra. Wati Sukmawati, Safa Annisaa S.Ikom, dan Ika Septamaryesah.

Kegiatan pameran perguruan tinggi ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk memfasilitasi  siswa untuk mengetahui perguruan tinggi mana yang sesuai dengan minatnya. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri terfavorit di Jawa Barat, Unpad pun menjadi bagian dari 33 perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri untuk mengikuti pameran pendidikan ini.

Menurut Ketua Pelaksana Pameran, Pradjwalita Mestikawati, kegiatan pameran pendidikan ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh SMAK Penabur Gading Serpong. Unpad pun dipilih oleh panitia karena didasarkan pada jumlah peminat yang tinggi setiap tahunnya. Untuk itu, pihak sekolah mengundang Unpad untuk lebih mengenalkannya kepada para siswa. Sebab, tidak sedikit dari para siswa yang berminat masuk ke Unpad, namun tidak memiliki informasi yang lengkap mengenai Unpad.

“Diharapkan, para siswa punya gambaran yang jelas ketika nanti akan melanjutkan kuliah agar mereka tidak salah memilih program studi dan universitas nantinya,” jelas Lita.

Senada dengan Lita, salah seorang staf Humas Unpad, Wati, pun mengungkapkan bahwa kegiatan pameran ini merupakan upaya untuk mengenalkan lebih dekat Unpad kepada para siswa SMA. Berdasarkan pantauan selama dua hari tersebut, tidak sedikit dari para siswa yang memiliki minat pada program studi yang ada di Unpad. “Semoga dengan membuka stan pada kegiatan ini, dapat menjaring lebih banyak lagi siswa yang masuk ke Unpad,” harap Wati.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: