Tahun Ini, Mahasiswa FEB dan FH Unpad Akan Mulai Kuliah di Kampus Jatinangor

Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad, Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 6/06/2016] Mulai tahun akademik 2016/2017, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Hukum (FH) Universitas Padjadjaran akan melakukan aktivitas perkuliahan di kampus Jatinangor. Lokasi perkuliahan FEB Unpad akan menempati gedung yang berada di samping selatan SOR Bale Santika, sedangkan lokasi perkuliahan FH akan menempati gedung yang selama ini digunakan Fakultas Keperawatan.

Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad, Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad, Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad, Dr. Sigid Suseno, S.H., M.Hum., mengatakan, aktivitas perkuliahan di Jatinangor ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2016/2017 dan angkatan selanjutnya. Sementara, mahasiswa FEB dan FH angkatan lama masih melakukan kegiatan perkuliahan di kampus Dipati Ukur Bandung.

Dr. Sigid menjelaskan, pemanfaatan kampus Jatinangor untuk aktivitas perkuliahan FEB dan FH dilakukan dalam rangka penataan kampus Unpad secara keseluruhan. Sesuai dengan konsep Unpad Transformative Triangle yang digagas Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, tiga lokasi kampus utama Unpad (Jatinangor, Dipati Ukur, dan Arjasari) akan memiliki peran masing-masing.

“Berdasarkan konsep tersebut, kampus Jatinangor direncanakan dipakai untuk perkuliahan S1 dan Taman Sains Teknologi, kampus Dipati Ukur dipakai untuk perkuliahan Pascasarjana dan etalase berbagai produk keunggulan Unpad, serta kampus Arjasari untuk riset-riset hilirisasi dan sekolah vokasional,” kata Dr. Sigid saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/06).

Lebih lanjut Dr. Sigid menjelaskan, rencana pengalihan aktivitas perkuliahan FEB dan FH ke Jatinangor ini bukanlah kebijakan baru, melainkan sudah tercantum dalam konsep pembangunan awal kampus Jatinangor. “Ini hanya melaksanakan kebijakan yang dulu, karena semua akan terkonsentrasi di sini (Jatinangor),” imbuhnya.

Terkait kesiapan gedung, Dr. Sigid sendiri menargetkan keseluruhan gedung sudah bisa digunakan pada TA 2016/2017 mendatang. Untuk lokasi gedung eks Fakultas Keperawatan akan dilakukan renovasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan akademik FH Unpad. Sementara Fakultas Keperawatan akan mengisi gedung perkuliahan baru di area antara Fakultas Kedokteran dengan Fakultas Psikologi.

“Dengan melakukan aktivitas perkuliahan di Jatinangor, diharapkan dapat membangun lebih kuat kebersamaan Unpad,” kata Dr. Sigid.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: