Baznas Jawa Barat Kukuhkan Unit Pengumpul Zakat Unpad

Pengukuhan Unit Pengumpul Zakat Unpad oleh Baznas Jawa Barat di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Kamis (2/06). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 2/06/2016] Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat, KH. Arif Ramdani, MH telah mengukuhkan pengurus Unit Pengumpul Zakat Universitas Padjadjaran. Pengukuhan ini dilakukan dalam acara Menyambut Ramadhan 1437 H di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (2/06).

Pengukuhan Unit Pengumpul Zakat Unpad oleh Baznas Jawa Barat di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Kamis (2/06). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Pengukuhan Unit Pengumpul Zakat Unpad oleh Baznas Jawa Barat di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Kamis (2/06). (Foto oleh: Dadan T.)*

Unit Pengumpul Zakat tersebut memiliki tugas antara lain melakukan sosialisasi dan edukasi zakat di lingkungan Unpad, memberikan konsultasi zakat, melakukan registrasi calon muzakki, menyerahkan data muzakki ke Baznas Provinsi Jawa Barat, menerima pembayaran zakat dan menyerahkan ke Baznas Provinsi Jawa Barat, serta membantu Baznas Provinsi Jabar dalam pendistribusian dan pendayagunaan zakat.

Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis dilakukan penyerahan Nomor Pokok Wajib Zakat kepada keluarga besar Unpad yang diwakili oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad dan Ketua Ikatan Alumni Unpad, Hikmat Kurnia.

“Sekarang paling tidak ada jaminan, bahwa hal yang wajib dari pendapatan profesi kita, tidak perlu dihitung-hitung lagi, nanti secara otomatis terbayarkan,” kata Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad dalam sambutannya.

Adapun para pengurus yang dilantik yaitu Dr. Gigin Ginanjar Kamil Basar, S.Sos., M.M sebagai Ketua, Dr. Dudi, M.Si. sebagai Sekretaris, Dr. Risna Reesnawati, S.Sos., M.P. sebagai Bendahara, Dr. H. Hasbini, M.Ag. sebagai Koordinator Bidang Pengumpulan, Zaenal Muttaqin, S.Sos., M.Si. sebagai Koordinator Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan, dan Drs. Slamet Usman Ismanto, M.Si sebagai Koordinator Bidang Perencanaan dan Informasi.

“Semoga saudara-saudara dapat menjalankan amanah ini sesuai dengan tuntunan syariat Islam dan peraturan perundang-undangan dalam mengoptimalkan perhitungan zakat, infaq, dan sedekah, sekaligus mensosialisaskannya dan melakukan edukasi bagi yang beragam Islam di lingkungan Universitas Padjadjaran,” kata Arif Ramdani saat melantik.

Acara Menyambut Ramadhan 1437 H  ini juga diisi oleh tausiyah dari KH. Abdullah Gymnastiar.  Dalam kesempatan tersebut, ustaz yang akrab disapa Aa Gym ini menekankan pentingnya menghilangkan penyakit-penyakit hati, terutama dalam menyambut Ramadhan. “Penyakit” tersebut ia singkat sebagai “TENGIL”, meliputi Takabur, Egois, Norak (senang pamer), Galak, Iri, dan Licik. Solusinya, diantaranya  yaitu dengan tawadu, senang mengalah, senang berbagi, adil, dan jujur.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: