Ilmu Keperawatan

Gelar Lulusan
Sarjana Keperawatan (S.Kep.)
Akreditasi
A (BAN-PT)
Durasi Studi
8 Semester
Lokasi Kampus
Jatinangor

Proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Keperawatan Unpad menekankan pada tumbuh berkembangnya kemampuan untuk menjadi seorang calon perawat profesional, dengan mempelajari respon individu terhadap berbagai kondisi (sehat/sakit) serta upaya untuk mengatasinya yang dilandasi oleh ilmu humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan perilaku serta dasar-dasar keperawatan. Kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum Perguruan Tinggi, meliputi 144 SKS dalam 8 semester. Gelar yang diperoleh bagi para lulusan adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep). Selanjutnya S.Kep. dapat melanjutkan ke jenjang Profesi dengan menempuh 2 semester untuk mendapatkan gelar Ners.

Program Studi Ilmu Keperawatan Unpad memiliki fasilitas perkuliahan yang memadai dan menunjang proses pembelajaran yang kondusif dengan dukungan teknologi pendidikan dan teknologi informasi terbaru. Penyelenggaraan pendidikan didukung oleh sumber daya tenaga dosen dan staf kependidikan yang berkualitas.

Mahasiswa Ilmu Keperawatan memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa prestasi dan non prestasi dari dalam dan luar negeri, setidaknya terdapat 25 sumber beasiswa yang dapat diakses oleh mahasiswa. Setiap tahun terdapat mahasiswa yang melaksanakan student exchange dan Attending Seminar awards di luar negeri.

Prospek Kerja

Melalui pembekalan ilmu dan teknologi di bidang keperawatan, pengalaman klinik dan komunitas serta pengembangan kemampuan kepemimpinan di bidang pelayanan kesehatan, maka lulusan Program Studi Ilmu Keperawatan bisa bekerja di :

  1. Pelayanan kesehatan di dalam negeri : Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Asuransi Kesehatan (Askes), Tenaga Kesehatan Bandara, Tenaga Kesehatan Pelabuhan, dll.
  2. Pelayanan keperawatan profesional di Luar Negeri.
  3. Pelayanan Keperawatan Mandiri (Home Care, dll)
  4. Perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  5. Pendidikan : Institusi Pendidikan Keperawatan (Dosen)
  6. Perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  7. Perwira karir pada lingkungan TNI/POLRI

Buku Pedoman Akademik Program Studi S1 Keperawatan Tahun Akademik 2017-2018

Share this: