Dekan FK Unpad, “Pemerintah Daerah Tidak Ikut Menentukan Hasil Seleksi Mahasiswa Kedokteran Unpad”

Dekan Fakultas Kedokteran Unpad., Dr. Yoni Fuadah Syukriyani, dr., Sp.F., M.Si., DFM (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 20/04/2016] Universitas Padjadjaran mulai tahun akademik 2016/2017 akan membebaskan biaya pendidikan di Fakultas Kedokteran Unpad bagi peserta program studi kedokteran dan dokter spesialis, dengan persyaratan setelah lulus menjadi dokter atau dokter spesialis harus bersedia mengabdi utamanya di wilayah Jawa Barat yang sudah mengadakan kerja sama dengan Unpad.

Dekan Fakultas Kedokteran Unpad., Dr. Yoni Fuadah Syukriyani, dr., Sp.F., M.Si., DFM (Foto oleh: Dadan T.)*
Dekan Fakultas Kedokteran Unpad., Dr. Yoni Fuadah Syukriyani, dr., Sp.F., M.Si., DFM (Foto oleh: Dadan T.)*

Sehubungan dengan hal tersebut dan menanggapi adanya pertanyaan di masyarakat tentang peran pemerintah daerah dalam program ini, Dekan Fakultas Kedokteran Unpad, Dr. Yoni Fuadah Syukriyani, dr., Sp.F., M.Si., DFM, menegaskan, proses penerimaan mahasiswa baru tersebut dilakukan berdasarkan jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk Program Studi Kedokteran dan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis I (PPDS I).

“Jadi, proses penerimaan tersebut menggunakan kriteria akademik, kesehatan dan kesediaan yang bersangkutan mengabdi. Pemerintah daerah tidak terlibat dalam menentukan penerimaan mahasiswa. Pemda dilibatkan bekerja sama dengan Unpad kemungkinan nanti setelah Unpad menghasilkan lulusan untuk keperluan penempatan sesuai kebutuhan daerah,” jelas Dekan FK Unpad.

Penegasan tersebut sesuai dengan pemberlakukan Peraturan Rektor Nomor 8 tahun 2016 tentang Pembebasan Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Program Studi Kedokteran, Program Studi Profesi Dokter, dan Program Pendidikan Spesialis-1 pada Fakultas Kedokteran Unpad.

Dekan FK Unpad mengingatkan kepada seluruh calon mahasiswa atau keluarganya untuk berhati-hati dan tidak mempercayai pihak-pihak yang menjanjikan dan dapat menjamin diterima di Fakultas Kedokteran Unpad diluar proses penerimaan resmi diatas. *

Rilis oleh: FK Unpad

dokter-gratis

 

Share this: