Suasana Sosialisasi Gagasan Calon Dekan FPIK Unpad di , Rabu (16/12). (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 16/12/2015] Empat calon Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) periode 2016 – 2021 memiliki gagasan masing-masing dalam mengembangkan fakultas ke depan. Seluruh gagasan tersebut disosialisasikan dalam acara “Sosialisasi Gagasan Calon Dekan di Lingkungan Universitas Padjadjaran” di Aula FPIK Unpad kampus Jatinangor, Rabu (16/12).

Suasana Sosialisasi Gagasan Calon Dekan FPIK Unpad di , Rabu (16/12). (Foto oleh: Dadan T.)*
Suasana Sosialisasi Gagasan Calon Dekan FPIK Unpad di Aula FPIK Unpad Jatinangor, Rabu (16/12). (Foto oleh: Dadan T.)*

Di hadapan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, Wakil Rektor bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi dan Usaha Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Wakil Rektor bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad Dr. Sigid Suseno, S.H., M.Hum., pimpinan, sivitas akademika dan tenaga kependidikan FPIK Unpad, keempat calon dekan tersebut menyampaikan gagasannya dengan dimoderatori Dr. Asep Agus Handaka, S.Pi., M.T. Para calon dekan tersebut adalah Dr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., Prof. Dr. Ir. Junianto, M.P., M.Si., Dr. Ir. Eddy Afrianto, dan Dr. Ir. Iskandar, M.Si.,

Yudi Nurul Ihsan
Dr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi

Pada kesempatan tersebut, Dr. Yudi menggagas konsep “Mariteam”. Konsep ini sebagai semangat meningkatkan kualitas FPIK Unpad sebagai center of excellent dalam bidang perikanan dan kelautan. Konsep “Mariteam” merupakan akronim dari maslahat, amanah, respect, intelektual, dan team work.

Sejalan dengan langkah Presiden Joko Widodo dalam mengembangkan aspek kemaritiman, maka Dr. Yudi memiliki target meningkatkan kualitas atmosfir akademik dan daya saing melalui peran aktif sivitas akademika FPIK Unpad di kancah nasional maupun internasional, melalui peningkatan kualitas pembelajaran, riset, serta kualitas sarana dan sumber daya manusia.

Prof. Dr. Ir. Junianto, M.P., M.Si.
Prof. Dr. Ir. Junianto, M.P., M.Si

Prof. Junianto menyampaikan gagasannya mengenai pengembangan FPIK Unpad berdaya saing regional 2016-2021. Guna mewujudkan rencana tersebut, FPIK Unpad menurutnya perlu meningkatkan kualitas untuk memenuhi target IKK Unpad yang saat ini masih belum banyak tercapai.

Peningkatan atmosfir akademik, penguatan penelitian dan inovasi, serta kerja sama dengan mitra, terutama dengan UKM dan industri perikanan merupakan beberapa langkah yang akan dilakukan Prof. Junianto. Diharapkan hingga 2021, target IKK Unpad terkait Tridharma Perguruan Tinggi dapat dicapai seluruhnya oleh FPIK Unpad.

Dr. Ir. Eddy Afrianto, MSi
Dr. Ir. Eddy Afrianto

Dr. Edi menggagas beberapa program rutin dan pengembangan Dekan FPIK Unpad. Program rutin yang akan dilaksanakan ialah bagaimana menghasilkan lulusan yang mampu berdaya saing melalui sinergi yang baik antara program studi, guru besar, dan pimpinan fakultas.

Sementara pada program pengembangan yaitu mengarah pada pengembangan akademik enterprise. Ini merupakan program rektor untuk menjual berbagai produk akademik yang diharapkan muncul berbagai inovasi dari dosen yang bisa dijadikan usaha. Inovasi ini tentunya harus ada sinergi antara perangkat pimpinan pusat dan fakultas. Selain itu, pengembangan kurikulum terukur dan penguatan karakter pimpinan menjadi program pengembangan FPIK Unpad guna menciptakan atmosfir akademik.

Iskandar
Dr. Ir. Iskandar, M.Si

Adapun gagasan yang disampaikan Dr. Iskandar terkait membangun FPIK unggul dan maslahat melalui semangat kebersamaan. Strategi yang dilakukan dalam mewujudkan gagasan tersebut adalah kompeten, unik, aksi, dan loyalitas. Strategi ini juga dilakukan dalam rangka mendukung pencapaian IKK Unpad.

Semangat kebersamaan menurutnya penting dihadirkan dalam membangun FPIK Unpad. Semangat tersebut menurut Dr. Iskandar harus diwujudkan melalui sinergi antara pimpinan fakultas, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: