Lima Calon Dekan FH Unpad bersama moderator (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 8/12/2015] Lima calon Dekan Fakultas Hukum Unpad mempresentasikan gagasan program kerjanya pada Sosialisasi Gagasan Calon Dekan di Lingkungan Unpad, Selasa (08/12) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari proses Seleksi Dekan Fakultas periode 2016 – 2021 di lingkungan Unpad.

Lima Calon Dekan FH Unpad bersama moderator (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Lima Calon Dekan FH Unpad bersama moderator (paling kanan). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Lima calon dekan tersebut ialah Atip Latipulhayat, S.H., LLM., PhD., Susi Dwi Harijanti, S.H., LLM., PhD., Hernadi Affandi, S.H., M.H., Dr. An An Chandrawulan, S.H., LLM., dan Dr. Idris, S.H., dengan moderator R. Achmad Gusman Catur Siswandi, S.H., LL.M., PhD.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad, Dr. Sigid Suseno, S.H., M.H., dan dihadiri Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, seluruh Wakil Rektor di lingkungan Unpad, Direktur Sumber Daya Manusia Diana Sari, S.E., M.Mgt., PhD., Kepala Staf Khusus Rektor Prof. Ramdan Panigoro, PhD., guru besar, dosen, mahasiswa, serta tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Hukum Unpad.

Calon Dekan, Atip Latipulhayat memaparkan gagasannya. Mengusung aspek keunggulan, Atip akan membangun kembali semangat “academic leadership” di FH Unpad. Menurutnya saat ini FH Unpad sudah relatif meninggalkan academic leadership dan tenggelam dalam bureaucratic leadership. Semua individu di FH Unpad menurutnya harus memiliki kapasitas individual dan program kerja yang unggul.

Calon dekan selanjutnya, Susi Dwi Harijanti memaparkan enam gagasan program unggulannya. Keenam gagasan program tersebut ialah meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemahasiswaan; penguatan aspek penelitian; penguatan inovasi; peningkatan bantuan insentif; penguatan kelembagaan; serta penyesuaian organisasi dan tata kerja.

Hernadi Affandi pun memaparkan gagasannya. Gagasan yang disampaikannya terkait peningkatan FH Unpad menjadi lebih unggul dalam persaingan global. Dalam rangka penetapan Unpad menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), perubahan tersebut harus tecermin dalam rencana program kerja dekan FH Unpad mendatang.

Dr. An An Chandrawulan juga menyampaikan gagasannya terkait langkah FH Unpad menuju gol utama konsep pembangunan berkelanjutan. Salah satu sasaran yang dikemukakan ialah keterlibatan alumni dalam membangun FH Unpad ke depan. Ia juga akan meningkatkan pemberdayaan laboratorium hukum bagi kepentingan masyarakat khususnya di Jawa Barat. Laboratorium ini juga menurutnya menjadi jalan dalam mentransformasi pendidikan hukum bagi masyarakat.

Sementara Dr. Idris menyampaikan gagasannya dengan menargetkan FH Unpad “Go ASEAN” sesuai dengan rencana strategis Unpad 2017 – 2021 yaitu menjadi universitas berdaya saing regional. Target tersebut direpresentasikan melalui program kerja berupa peningkatan human resources, fasilitas, manajemen, kinerja, dan kesejahteraan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh            

Share this: