Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat secara simbolis menerima mahasiswa baru Unpad di lapangan Jati Padjadjaran Unpad Jatinangor, Kamis (20/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 20/08/2015] Universitas Padjadjaran menyelenggarakan rangkaian penerimaan mahasiswa baru 2015. Prosesi Acara Sidang Terbuka Senat Universitas Padjadjaran dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2015/2016 dilaksanakan pada Kamis (20/08) di Stadion Jati Padjadjaran, kampus Unpad Jatinangor.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat secara simbolis menerima mahasiswa baru Unpad di lapangan Jati Padjadjaran Unpad Jatinangor, Kamis (20/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat  memakaikan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru sebagai simbol prosesi PMB Unpad di lapangan Jati Padjadjaran Unpad Jatinangor, Kamis (20/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Tahun ini, Unpad menerima 8.242 mahasiswa baru yang terdiri dari 8.185 Warga Negara Indonesia meliputi 5.749 mahasiswa program Sarjana, 883 (D3), 44 (D4), 175 (Profesi), Spesialis I (176), Magister (884), Doktor (274), serta 57 Warga Negara Asing meliptui 49 mahasiswa program Sarjana, Magister (7), dan Doktor (1). Melalui kegiatan PMB Unpad, mahasiswa bukan hanya diberikan pengenalan mengenai kampus, tetapi juga diajak untuk mengenal dan peduli pada lingkungan sekitar kampus Unpad di Jatinangor.

“Karena kami menyadari, dengan pengenalan yang lebih awal, membangun kepedulian kepada masyarakat, Insya Allah akan membangun karakter lebih kuat untuk dapat mendorong pengabdian yang lebih kuat ke depan,” ujar Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad.

Dalam beberapa tahun terakhir, Unpad juga mengajak seluruh mahasiswa untuk memberikan maslahat kepada masyarakat, salah satunya melalui kegiatan pengumpulan buku dan beras dari mahasiswa baru. Nantinya, sumbangan beras akan dibagikan ke masyarakat sekitar, dan sumbangan buku akan disebar ke perpustakaan-perpustakaan di berbagai daerah.

Dalam pidatonya Rektor juga mengatakan bahwa setiap tahunnya, Unpad berkomitmen kuat untuk dapat meningkatkan human kapital di Jawa Barat. Diantaranya dengan memberikan kesempatan lebih baik kepada para pelajar dari Kota/Kabupaten se-Jawa Barat untuk menempuh ilmu di Unpad.

Melalui upaya tersebut, diharapkan bukan hanya dapat berkontribusi dalam meningkatkan human capital, tetapi juga dapat memberikan dampak lebih baik untuk pembangunan Jawa Barat, termasuk berkontribusi dalam penyelesaian masalah di Jawa Barat.

Rektor pun terus mendorong para pimpinan fakultas untuk terus berinetraksi dengan para pimpinan daerah Jawa Barat. Dengan harapan, program tersebut bisa berjalan lebih baik lagi. “Sehingga kedepan, target Unpad adalah, baiknya Unpad adalah majunya Jawa Barat bersama-sama,” ujar Rektor.

Rektor pun meyakini, dengan potensi mahasiswa Unpad yang luar biasa, maka akan dihasilkan lulusan-lulusan yang luar biasa. “Kami berharap lulusan Unpad adalah Sarjana yang luar biasa. Diharapkan terlahir para pemimpin dengan sikap kepemimpinan yang luar biasa. Karena dengan sikap kepemimpinan tersebut, diharapkan kita bisa memberikan kontirbusi yang lebih baik lagi bagi masyarakat,” harap Rektor.

Maba Bertemu Pimpinan Daerah

Foto bersama Sekda Sumedang, H. Zaenal Alimin, dengan mahasiswa Unpad asal Sumedang (Foto oleh: Dadan T.)*
Foto bersama Sekda Sumedang, H. Zaenal Alimin, dengan mahasiswa Unpad asal Sumedang (Foto oleh: Dadan T.)*

Dalam kegiatan PMB ini, Unpad mengundang para kepala daerah dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat untuk menyaksikan prosesi pembukaan PMB 2015, juga untuk berdialog dengan para mahasiswa asal daerahnya masing-masing. Rektor mengatakan, dialog ini juga dilakukan untuk memotivasi para mahasiswa agar bisa menjadi pemimpin-pemimpin berikutnya.

Di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Bupati Subang H. Ojang Sohandi, S.S.T.P., M.Si. memotivasi para mahasiswa baru Unpad asal Subang untuk dapat meraih kesuksesan. Menurutnya, jika mau sukses, pasti ada jalan untuk menujunya.

Ojang pun berharap para mahasiswa dapat menjalani pendidikan di Unpad sebaik mungkin, sesuai dengan jadwal dan target yang ditentukan, serta nilai sebaik mungkin. “Adik-adik harus menjadi cendikiawan yang mampu membangun Kabupaten Subang,” ujar Ojang.

Di Kampus Fakultas Ilmu Komunikasi, Direktur RSUD Gunung Jati Cirebon, Heru Purwanto, sebagai wakil dari pemerintahan Kota Cirebon berdiskusi dengan mahasiswa baru dan mahasiswa lama dari kota tersebut. Heru yang anaknya juga menjadi mahasiswa baru Unpad tahun ini berpesan agar para mahasiswa baru dari Kota Cirebon selain terus semangat belajar dan lulus dengan nilai yang baik, juga mampu menjaga pergaulan dan tidak terseret ke pergaulan yang tidak baik.

Pertemuan juga digelar di kampus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pertemuan tersebut dihadiri oleh Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih dengan mahasiswa asal Kota Banjar serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang H. Zaenal Alimin dengan mahasiswa asal Kabupaten Sumedang.

Dalam kesempatan tersebut, Zaenal mengapresiasi mahasiswa asal Sumedang yang berkuliah di Unpad. Keberadaan Unpad yang sudah sejak 1983 berada di wilayah Sumedang memiliki manfaat tersendiri bagi masyarakat Sumedang, khususnya di Jatinangor.

“Kita berharap warga masyarakat di Kabupaten Sumedang lebih banyak lagi yang melanjutkan pendidikan di Unpad,” kata Zaenal.

Sementara Ade Uu Sukaesih mengapresiasi mahasiswa baru asal Banjar yang diterima di Unpad. Menurutnya, menjadi mahasiswa Unpad sebenarnya tidak sulit, asalkan memiliki prestasi yang mampu membanggakan Unpad maupun Kota Banjar.

“Ini adalah karunia Allah, jangan disia-siakan,” ucap Ade. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana & Arief Maulana / eh *

Share this: