Suasana "Ika Unpad Job Fair 2015" di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Rabu (3/06). Job fair akan berlangsung hingga Kamis (4/06) besok. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 3/06/2015] Ikatan Keluarga Alumni (Ika) Unpad bekerja sama dengan Career Development Center (CDC) Unpad menggelar “Ika Unpad Job Fair 2015” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, 3-4 Juni 2015. Kegiatan ini diikuti oleh 34 perusahaan di Indonesia.

Suasana "Ika Unpad Job Fair 2015" di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Rabu (3/06). Job fair akan berlangsung hingga Kamis (4/06) besok. (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Suasana “Ika Unpad Job Fair 2015” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Rabu (3/06). Job fair akan berlangsung hingga Kamis (4/06) besok. (Foto oleh: Dadan T.)*

Sekretaris Jenderal Ika Unpad, Rizafsyah Taufik, S.E., mengatakan, kegiatan ini merupakan program Ika Unpad untuk menjembatani alumni Unpad khususnya, dan pencari kerja lainnya dengan perusahaan. “Dengan mediasi kami, mereka bisa menerapkan ilmunya di dunia kerja,” ujarnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Kang Ijat ini menjelaskan, jumlah lulusan perguruan tinggi di Bandung setiap tahunnya cukup besar. Unpad sendiri setiap tahunnya mewisuda sekitar 8.000 lulusan yang terbagi dalam 4 kali prosesi wisuda.

Besarnya jumlah lulusan ini tidak sebanding dengan kesempatan kerja yang ada. Kang Ijat mengatakan, jumlah pelamar kerja semakin tinggi namun kesempatan kerja angka pertumbuhannya tidak simultan. Hal ini menyebabkan kesenjangan kerja di dunia kerja semakin tinggi.

Ika Unpad sendiri telah mengantisipasi kemungkinan semakin meningkatnya angka kesenjangan ini. Untuk itu, selain menggelar pameran lowongan kerja, kegiatan ini juga diisi dengan beragam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pencari kerja. Diharapkan, para pencari kerja dapat terfasilitasi melalui kegiatan ini.

“Target job fair ini diperkirakan bisa menghadirkan 4.000-5.000 orang. Tidak terbatas alumni Unpad tapi juga seluruh alumni perguruan tinggi di Indonesia,” tuturnya.

Ketua Bidang Komunikasi dan Telematika Ika Unpad, Nurjaman Mochtar mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, pelamar tidak perlu susah lagi mencari informasi lowongan kerja. “Zaman dulu belum ada yang menyambungkan perusahaan dengan pelamar. Di sinilah Ika Unpad merasa kami perlu menjadi mediasi antara perusahaan dengan lulusan,” ujarnya.

2015_06_03 job fair ika unpad 1 DADANSementara itu, Deputi SGM Human Capital Center PT. Telkom Indonesia, Yul Martin mengungkapkan, setidaknya ada 3 aspek yang harus dimiliki oleh seorang tenaga kerja. Aspek tersebut yaitu integritas yang tecermin dalam karakter, totalitas dalam bekerja, dan mampu berkolaborasi.

Ditemui di sela pembukaan kegiatan, Yul sendiri mengapresiasi lulusan Unpad, khususnya yang bekerja di perusahaannya. “Unpad salah satu perguruan tinggi yang telah memberikan lulusan-lulusan terbaik. Berbagai posisi strategis di perusahaan kami telah diduduki oleh para alumni Unpad,” paparnya.

Kegiatan ini juga diapresiasi oleh Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (LPKA) Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc. Menurutnya, dengan digelarnya kegiatan ini juga menjadi satu ruang komunikasi antara Ika dengan Unpad.

“Mudah-mudahan aktivitas ini bisa memberikan satu dorongan bagi para lulusan untuk melahirkan semangat berkomunikasi, sehingga bisa membangun kekuatan,” kata Dr. Heryawan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: