Prof. Ganjar, “Saya Yakin Prof. Tri Dapat Membangun Kebersamaan untuk Wujudkan Cita-Cita Unpad”

Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad (kiri) dan Rektor ke-10 Unpad, Prof. Dr. Ganjar Kurnia, DEA (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 22/04/2015] Universitas Padjadjaran akan menghadapi tantangan yang tidak mudah di masa yang akan datang. Tidak hanya dalam hal memberi kontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia, tetapi juga untuk kemajuan institusi Unpad sendiri. Akan tetapi dengan pewarisan nilai-nilai yang luar biasa dari para pendahulunya dan dukungan dari berbagai pihak, Rektor Unpad Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., meyakini bahwa Unpad dapat menjawab tantangan tersebut.

Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad (kiri) dan Rektor ke-10 Unpad, Prof. Dr. Ganjar Kurnia, DEA (Foto oleh: Dadan T.)*
Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad (kiri) menyerahkan kenang-kenangan berupa karikatur kepada Rektor ke-10 Unpad, Prof. Dr. Ganjar Kurnia, DEA (Foto oleh: Dadan T.)*

“Ke depan tantangan perguruan tinggi tidak mudah, kita yakini dapat kita laksanakan atau kita jawab dengan satu konsep dimana perguruan tinggi ke depan diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih kuat kepada masyarakat,” ujarnya pada acara Pisah Sambut Rektor Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung, Selasa (21/4).

Menurut Rektor, ke depan akan didorong strategi penerapan bentuk-bentuk pembelajaran transformatif dengan pendekatan transdisiplin. Dengan demikian, diharapkan akan makin membangun kemandirian dan mendorong berbagai keunggulan yang pada akhirnya dapat memberikan maslahat kepada masyarakat luas.

Sementara itu Rektor Unpad periode sebelumnya, Prof. Ganjar Kurnia dalam sambutannya mengatakan bahwa Unpad sudah memiliki target-target yang dirumuskan dalam rencana jangka panjang hingga tahun 2026 yang telah disahkan oleh Senat Unpad. Dengan langkah-langkah yang sudah sangat jelas, maka target-target yang ingin dicapai juga sudah sangat jelas.

“Oleh karena itu, yang paling penting adalah bagaimana membangun kebersamaan kita semua untuk mencapai target-target yang kita capai tersebut. dan saya yakin dengan Prof. Tri sebagai pilihan kita semua akan bisa melaksanakan itu dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Ganjar juga menyampaikan ucapan terima kasih dan permintaan maaf kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dan mendukungnya selama menjabat sebagai Rektor Unpad.

Selain sambutan dari Prof. Tri dan Prof. Ganjar, acara Pisah Sambut Rektor Unpad ini diisi dengan pembacaan doa oleh Athian Ali. Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan persembahan civitas academica Unpad. Diantaranya yang tampil pada acara tersebut adalah penampilan Padjadjaran Ensemble Community, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad, vocal group seluruh Dekan di Unpad yang menamakan grupnya “The Deans”, Rampak Kecapi dari Guru Besar Unpad, penampilan para Wakil Rektor yang menamakan grupnya “The Wareks” dan penampilan band dari perwakilan Guru Besar Unpad “The GB’s”.

Acara Pisah Sambut Rektor Unpad ini juga dihadiri oleh dua Rektor Unpad periode sebelumnya, yaitu Rektor Unpad Periode 1982-1990 Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc., dan Rektor Unpad Periode 1998-2007 Prof. Dr. H.A. Himendra Wargahadibrata. Hadir pula Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad, Dr. Sapta Nirwandar, SE., Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, para pimpinan mitra kerja Unpad, tokoh masyarakat, civitas academica dan tenaga kependidikan Unpad.


(Foto oleh: Tedi Yusup)

Ketua Dharma Wanita Persatuan Unpad
Pada hari yang sama, berlangsung pula acara Pisah Sambut Ketua Dharma Wanita Unpad yang berlangsung di Ruang Dharma Wanita Unpad di Lantai 3 Gedung 2 Unpad Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung. Acara ini diikuti oleh para istri pimpinan di lingkungan Unpad anggota Dharma Wanita Persatuan Unpad.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan Unpad Tina Ratnawati Tri Hanggono Achmad, Yatti Ganjar Kurnia selaku ketua sebelumnya, dan Tien Usman Hardi selaku sesepuh, mendapat kenang-kenangan dari Dharma Wanita Unpad. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan paduan suara dari para anggota Dharma Wanita Persatuan Unpad.*

Laporan oleh: Marlia / eh

Share this: