Mahasiswa Unpad Gelar Pelatihan Manajemen Pakan kepada Peternak di Kampung Pasir Laja Sumedang

Mahasiswa dan Peternak Saung Hanjuang di Kampung Pasir Laja, Kabupaten Sumedang *

[Unpad.ac.id, 21/04/2015] Kelompok mahasiswa dari Fakultas Peternakan dan Fakultas Teknologi Industri Pertanian yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Teknologi (PKM-T) menggelar kegiatan pelatihan kepada Kelompok Peternak Saung Hanjuang di Kampung Pasir Laja, Kabupaten Sumedang, Sabtu (18/04) lalu.

Mahasiswa dan Peternak Saung Hanjuang di Kampung Pasir Laja, Kabupaten Sumedang *
Mahasiswa dan Peternak Saung Hanjuang di Kampung Pasir Laja, Kabupaten Sumedang *

Kelompok PKM dengan judul “Transfer Teknologi PLTM (Pakan Lengkap Terfermentasi Mikroba Lokal)” melakukan penyuluhan terkait masalah penyediaan pakan dan manajemen pemberian pakan yang baik, termasuk presentasi pembuatan PLTM agar produksi daging dapat meningkat. Dengan peningkatan produksi, kesejahteraan petani pun dapat pula meningkat.

“Kita ingin menjawab kegelisahan dari para petani terkait maslaha tersebut,” tulis Rangga Yusnan Iqbal melalui rilis yang diterima Humas Unpad.

Dalam kegiatan tersebut, kelompok yang beranggotakan Denny Setiadi, Wawan Darmawan, Rangga Yusnan Iqbal, Fahmi Reza Hidayat, dan Jayanti Mega Rohani serta dosen pembimbing Mansyur, S.Pt., M.Si melakukan penyuluhan kepada 40 peternak yang terdiri dari peternak sapi, kambing, dan domba tersebut.

Para petani diberikan presentasi oleh Denny yang juga sebagai ketua kelompok tersebut. Selain itu, mereka juga diajak langsung untuk melihat demontrasi proses pembuatan PLTM melalui instruksi langsung oleh Mansyur.

Diharapkan, program pelatihan ini dapat diterapkan secara keberlanjutan oleh petani di Kampung Pasir Laja. “Program pelatihan ini bukanlah sebatas program ceremonial saja, yang sekali terlaksana esoknya selesai, melainkan ada keberlanjutannya yang rencana di pekan selanjutnya akan ada program pelatihan untuk istri-istri peternak dan para ibu rumah tangga untuk pelatihan teknologi hasil ternak, seperti proses pembuatan sosis dan bakso,” pungkas Rangga.*

Rilis: Kelompok PKMT PLTM Unpad/am

Share this: