Rektor Unpad Motivasi Pelajar Jatinangor Agar Sukses Masuk PTN

Rektor Unpad menyerahkan materi pelajaran kepada perwakilan pelajar sebagai simbol dimulainya pelaksanaan bimbel Super Motivasi Unpad tahun 2015 di Gedung PPBS Unpad Jatinangor, Senin (23/03). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 23/03/2015] Sekira 35-40% peserta bimbingan belajar gratis “Super Motivasi” yang diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran berhasil lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri, baik di Unpad maupun PTN lainnya. Tahun ini diharapkan semakin banyak peserta yang berhasil lulus ke PTN termasuk Unpad, apalagi persaingan masuk Unpad kini semakin ketat.

Rektor Unpad menyerahkan materi pelajaran kepada perwakilan pelajar sebagai simbol dimulainya pelaksanaan bimbel Super Motivasi Unpad tahun 2015 di Gedung PPBS Unpad Jatinangor, Senin (23/03). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia didampingi Ketua Pelaksana Bimbel Super Motivasi Ace T. Hidayat, M.Si., MM., menyerahkan materi pelajaran kepada perwakilan pelajar sebagai simbol dimulainya pelaksanaan bimbel Super Motivasi Unpad tahun 2015 di Gedung PPBS Unpad Jatinangor, Senin (23/03). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Hal tersebut dikatakan Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, ketika membuka pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar gratis “Super Motivasi” bagi pelajar SMA/SMK/MA di Jatinangor di Gedung PPBS Unpad Jatinangor, Senin (23/03). Kegiatan ini dihadiri oleh 200 pelajar kelas XII dari 12 sekolah di Jatinangor, dosen Unpad yang akan mengajar di Super Motivasi, para guru pendamping, Danramil Jatinangor, dan perwakilan Kantor Kecamatan Jatinangor.

“Persaingan masuk Unpad sangat ketat. Di SNMPTN dan SBMPTN, Unpad merupakan PTN dengan peminat paling tinggi se-Indonesia dalam 3 tahun terakhir. Tahun ini, Unpad juga yang tertinggi di SNMPTN dengan peminat mencapai 74 ribuan,” ujar Rektor.

Rektor juga memaparkan bahwa semua program studi sama bagusnya, tergantung calon mahasiswanya sendiri mau jadi apa dan mau fokus atau tidak. “Ada banyak program studi yang bisa dipilih, semuanya bagus asalkan kita mau fokus dengan apa yang kita kerjakan. Untuk bisa lulus seleksi PTN, anda harus punya semangat yang super. Jika tidak, maka anda akan kalah,” papar Rektor.

humas unpad_2015_03_23_008433Bimbel Super Motivasi telah diselenggarakan oleh Unpad sejak tahun 2008 sebagai program Corporate Social Responsibility Unpad terhadap lingkungan sekitar kampus. Super Motivasi terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2012 lalu, dan pada 2013 dan 2014 format pelaksanaannya diubah menjadi penyediaan materi pengayaan secara online. Tahun 2015 ini, bimbel Super Motivasi kembali dilaksanakan dengan harapan semakin banyak warga Jatinangor memperoleh akses pendidikan tinggi ke PTN.

Sementara perwakilan kantor Kecamatan Jatinangor, Endang Rohmayudi, mengatakan bahwa bimbel Super Motivasi ini diapresiasi tinggi oleh masyarakat Jatinangor. Ketika pelaksanaan bimbel ini ditiadakan pada tahun 2013 dan 2014, banyak masyarakat yang menanyakan hal tersebut ke kantor Kecamatan Jatinangor.

“Aspirasi itu kami sampaikan ke Unpad. Kami datang, dan ketika itu diterima oleh Wakil Rektor I Unpad, dan alhamdulillah hari ini ada jawabannya. Anak-anak kami bisa kembali mengikuti kegiatan bimbel yang diselenggarakan oleh Unpad,” ujar Endang Rohmayudi.*

Laporan oleh: Erman

Share this: