Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kanan) dan Ketua STT PLN, Dr. Ir. Supriadi Legino (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 20/01/2015] Universitas Padjadjaran melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN. Penandatangan Piagam Kerja Sama telah dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia dan Ketua STT PLN, Dr. Ir. Supriadi Legino, di Ruang Rektor Unpad, Kampus Iwakoesoemasoemantri Jln. Dipati Ukur No.35 Bandung, Selasa (20/01).

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kanan) dan Ketua STT PLN, Dr. Ir. Supriadi Legino (Foto oleh: Dadan T.)*
Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kanan) dan Ketua STT PLN, Dr. Ir. Supriadi Legino (Foto oleh: Dadan T.)*

“Ide dari kerja sama ini menyinergikan. STT PLN itu sekolah tinggi yang punya kekhususan keahlian di bidang teknik tenaga listrik, tapi kita tidak punya keahlian dalam bidang yang non teknis. Padahal untuk membangun ketenagalistrikan masalah yang terbesar justru non teknis. Kita dengan kerja sama ini diharapkan bisa saling mengisi,” tutur Dr. Supriadi saat ditemui usai acara.

Menurut Dr. Supriadi, Unpad memiliki sumber daya di luar teknik kelistrikan yang dibutuhkan oleh pihaknya, seperti sumber daya sosial dan lingkungan. “Jadi nanti ada penelitian makro bersama. Kalau makro kan ada teknis dan non teknis. Nah kalau teknisnya kita punya sumber daya, non teknisnya Unpad punya sumber daya,” ujarnya.

Dengan kerja sama ini, Dr. Supriadi mengharapkan dapat memberikan kontribusi langsung ke masyarakat, khususnya terkait bidang energi. “Karena sekarang penggunaan energi masyarakat masih boros, kemudian masih banyak potensi energi yang sebetulnya bisa dikelola oleh masyarakat sendiri yang belum didayagunakan luar biasa, sehingga ketergantungan terhadap PLN itu sedikit bisa dikurangi,” harapnya.

Kedepannya, Unpad dan STT PLN pun akan membuat model terkait bagaimana pemanfaatan energi yang selama ini belum didayagunakan dan terkait penghematan energi yang maksimal. Sinergi antara kedua universitas ini pun selaras dengan konsep “hilirisasi penelitian” yang selama ini terus digerakan Unpad. “Kita hilirisasilah apply ke terapan. Itu yang akan kita kembangkan,” tutur Dr. Supriadi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat , Prof. Dr. Wawan Hermawan, MS, Kepala UPT Pengelolaan Lingkungan Kampus, H. Yayan Sumekar, S.P., M.P., Dekan Fakultas Peternakan (Fapet), Prof. Dr. Ir. Husmy Yurmiati, M.S., serta dosen dan peneliti Unpad yakni Muhamad Fatah Wiyatna, S.Pt., M.Si, (Fapet), Camellia Panatarani, S.Si., M.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/FMIPA), dan I Made Joni, S.Si.,M.Sc. (FMIPA). Dari STT PLN, turut hadir Staf Ahli Ketua Bidang Kerja Sama, Ir. Ismail dan Humas, Lisdiana. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: