Calon Rektor Unpad Mulai Paparkan Strategi dan Program Kerja

Suasana sosialisasi strategi dan program kerja para calon Rektor Unpad di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Selasa (13/01). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 13/01/2015] Para Calon Rektor sudah mulai melakukan sosialisasi strategi dan program kerja. Selasa (13/1), sosialisasi dilakukan di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor dengan audiens civitas akademika dari Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, serta Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan.

Suasana sosialisasi strategi dan program kerja para calon Rektor Unpad di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Selasa (13/01). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Suasana sosialisasi strategi dan program kerja para calon Rektor Unpad di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Selasa (13/01). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Pada kesempatan tersebut, para Calon Rektor memaparkan masing-masing program kerja yang telah disusun, demi tercapainya visi dan misi Unpad. Para Calon Rektor yang hadir yaitu Prof. Dr. Ir. H. Denny Kurniadie, M.Sc. (Fakultas Pertanian), Prof. Dr. Ir. Ellin Harlia, M.S., (Fakultas Peternakan), Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S. (Fakultas Ilmu Komunikasi), Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc. (Fakultas Teknik Geologi), Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. (Fakultas Ekonomi & Bisnis) dan Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr (Fakultas Kedokteran). Salah satu calon, yakni Prof. Dr. Ina Primiana, S.E., M.T. (Fakultas Ekonomi & Bisnis) berhalangan hadir karena sedang menjalankan ibadah umroh.

Prof. Denny misalnya, yang memaparkan mengenai strategi peningkatan kualitas menuju Entrepreneur University yang berdaya saing tinggi. Hal yang ditekankan oleh Prof. Denny dalam strategi dan program kerjanya yaitu peningkatan kualitas lulusan, Unpad menjadi Universitas Entrepreneur, pelayanan bermutu dan berdaya saing internasional, peningkatan kualitas manajemen, serta peningkatan sarana dan prasarana.

Calon Rektor lain, Prof. Ellin mempresentasikan strategi pencapaian peningkatan kualitas Unpad. Dalam programnya, Prof. Ellin memiliki motto “Etis, Kreatif, dan Berkualitas”. Diantaranya, ia memiliki program meningkatkan peran penjamin kualitas SDM dan lulusan (hardskill dan softskill) etis, kreatif, dan berkualitas, dan mampu menciptakan pekerjaan serta bersaing di pasar kerja dengan berbekal art, heritage, dan language.

Sementara itu, Prof. Engkus memiliki program “Membangun Unpad yang Lebih Sehat, Sejahtera, dan Komunikatif”. Hal tersebut berdasarkan usia Unpad yang sudah memasuki “usia lanjut” dengan tiga daya yang harus dikembangkan, yakni daya sehat, daya sejahtera, dan daya komunikasi sosial yang baik. Selain memaparkan program kerja yang diusungnya, Prof. Engkus juga mengharapkan pemikiran ketujuh Calon Rektor dapat digabung menjadi satu. Selain strategi dan program kerja semakin lengkap, diharapkan juga akan terasa “indahnya kebersamaan”.

Rasa kebersamaan juga ditunjukan melalui program kerja Prof. Hendarmawan . Pada kesempatan tersebut, ia mempresentasikan programnya untuk mengangkat unggulan Unpad yang masih tersebar, dengan memadukan potensi fakultas-fakultas menuju universitas berdaya saing regional. Prof. Hendarmawan sendiri memiliki sejumlah strategi program yang terdiri dari strategi prioritas sebagai pendongkrak IKK, strategi pengembangan, dan strategi penunjang.

Calon Rektor lain, Prof. Rina, pada kesempatan tersebut mempresentasikan programnya yang bertema “Unpad Berkarya Bersama Negeri”. Melalui programnya tersebut, Prof. Rina ingin Unpad semakin maju, sehingga dapat lebih banyak berkontribusi dalam menyelesaikan masalah negeri, terutama dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Program kerja unggulan Prof. Rina adalah peningkatan kemampuan lulusan berkompetisi, efektivitas remunerasi sebagai instrumen kesejahteraan, peningkatan kualitas dan produktivitas SDM, peningkatan produktivitas riset strategis dan inovatif serta kepakaran dosen, penguatan tata kelola yang baik di masa transisi PTN-BH, penikatan interaksi dengan pemerintahan, swasta/industri, dan masyarakat, serta penguatan struktur dan kemandirian keuangan.

Sementara itu, “Unpad Manggul Maslahat” diusung oleh Prof. Tri. Unpad Manggul Maslahat yaitu Unpad Mandiri Unggul Maslahat. Program prioritas dari Prof. Tri diantaranya yaitu pembelajaran transformatif berbasis kearifan lokal, academic leadership grant dimana diharapkan dapat meningkatkan jumlah guru besar, Unpad Academic Society System (U-Pass Extended Campus), dan Pusat Studi Budaya Sunda.

Selain dihadiri dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah alumni. Pada kesempatan tersebut, Dekan Faperta Unpad, Dr. Ir. H. Sudarjat, M.P. bertindak sebagai moderator. Besok, 14 Januari 2015, sosialisasi serupa akan dilakukan bagi civitas akademika Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi & Bisnis di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Jln. Dipati Ukur 35 Bandung. Informasi pemilihan rektor Unpad dapat dilihat di website http://pilrek.unpad.ac.id *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: