Gema FTG Unpad Selenggarakan LKTI Al-Qur’an Tingkat Nasional

[Unpad.ac.id, 2/12/2014] Dalam rangka menggali pengetahuan dalam Al-Qur’an guna menghadapi tantangan perkembangan zaman di segala bidang, Geological Muslim Association (Gema) Fakultas Teknik Geologi Unpad menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an Tingkat Nasional. Lomba yang menjadi rangkaian acara Geological Islamic Day (GID) ini diselenggarakan pada Rabu-Sabtu (19-22/11) lalu dan diumumkan di Ruang Serba Guna Gedung 2 kampus Unpad Jl. Dipati Ukur No.35 Bandung.

Geological Islamic Day 2014
Tim Universitas Negeri Malang terpilih sebagai Juara 1 LKTI Al-Qur’an Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Gema FTG Unpad.*

Pada lomba tersebut, Universitas Negeri Malang (M. Alifudin Ikhsan, dkk.) terpilih sebagai Juara 1 dengan judul “Quranic Crying Theraphy sebagai Media Pengobatan Hipertensi Melalui Audio Yoga Berbasis Murottal Qurani”. Juara 2 dimenangkan oleh SMA Darul Ulum 2 Jombang (Vowas Gammar Bawanto, dkk.) dengan judul “Studi Komparasi Pelaksanaan Kebijakan Pangan Nabi Yusuf A.S. dan Pelaksanaan UU Pangan Nomor 18 Tahun 2012 dalam Mengatasi Krisis Pangan di Indonesia”. Sementara itu, Juara 3 diraih oleh Universitas Muhammadiyah Makassar (Hasnih, dkk.) dengan judul “Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an melalui Komik Syariah untuk Penanaman Moral pada Anak Sekolah Dasar”.

Adapun Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 dan Juara Harapan 3 berturut-turut diraih oleh Universitas Padjadjaran (Hani Nurliyani), Universitas Negeri Yogyakarta (Rizal Adhitya R., dkk.), dan ITS Surabaya (Zahra Sahara Arfenti, dkk.).

Lomba yang baru pertama kali diselenggarakan ini mampu menyedot partisipasi lebih dari 1000 pelajar yang tergabung dalam sekira 340 tim. Pada mulanya, lomba ini dikhususkan untuk kalangan mahasiswa, namun dengan banyaknya calon kontestan dari jenjang SMA yang menghubungi panitia untuk bisa mengikuti kompetisi ini, akhirnya diputuskan kompetisi ini dapat diikuti pula oleh pelajar SMA/sederajat.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa tahap awal seleksi dimulai dari penjurian karya ilmiah untuk diambil 50% tim terbaik sebagai semifinalis. Bobot penilaian karya ilmiah didasarkan pada komponen sub-aspek yang meliputi keunikan ide, ketajaman analisis, kemampuan menyintesis simpulan, keakuratan literatur, kerapian format karya ilmiah, serta penggunaan tata bahasa. 50% karya dengan skor tertinggi tersebut selanjutnya dinilai kembali oleh dewan juri dengan penambahan bobot aspek nilai kemanfaatan.

Dari beragam ide dan bahasan yang tertuang dalam karya tulis ilmiah Al-Qur`an tersebut, telah diambil 15 tim terbaik yang berasal dari institusi: Unismuh Makassar, Unibraw, UM, Undip, ITS, UNY, SMA Darul Ulum 2 Jombang, SMAN 1 Kudus, SMA GIBS Kalsel, IAIN Tulungagung, Unesa, UNP dan 3 tim dari Unpad. 15 tim tersebut selanjutnya diundang untuk mempresentasikan karya ilmiahnya di depan dewan juri yang berkompeten, di antaranya adalah Dr. Ir. Cukup Mulyana, M.Si., Ir. Zufialdi Sulfikar, M.T., dan Idah, S.P., M.I.Kom.

Vicario Rickardi selaku Ketua Acara GID 2014 berharap acara ini dapat membangkitkan semangat penggalian potensi ilmiah Qur`ani, serta dapat membumikan nilai-nilai Al-Qur`an di bumi pertiwi. Harapan selanjutnya dari kompetisi ini adalah dapat terwujudnya akhlak mulia dan cendekiawan muslim yang mampu menyinergikan Al-Qur`an sebagai salah satu referensi pemikiran ilmiah kontemporer.*

Rilis oleh: FTG/mar

Share this: