Saksikan Kemeriahan Olimpiade Olah Raga Tradisional (Ootrad) Padjadjaran ke-7

Logo Unpad *

Hari Minggu, tanggal 23 November 2014, Unpad akan kembali menggelar Olimpiade Olah Raga Tradisional (Ootrad) Padjadjaran di kampus Unpad Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung dan Kawasan Dago Car Free Day, Pukul 05.30 s.d. 14.00 WIB. Pada gelaran tahun ke-7 yang merupakan kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-57 Unpad dan telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2008 ini, akan mengalami sedikit perubahan dibanding Ootrad sebelumnya.

Materi yang akan dilombakan pada Ootrad ke-7 tahun 2014 ini meliputi :

A. Olahraga Tradisional (Perorangan) Sprint 2 x 25 meter:
Egrang (Putra), Balap Karung (Putri), Nanggung Suluh (Putra), Ngagandong Jukut (Putri).
Akan dilaksanakan di satu tempat yaitu di area Lapangan Parkir Utara Unpad, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung, dan diikuti oleh seluruh Fakultas dan Unit Kerja. Kriteria penilaian:

  • Pada saat pertandingan berlangsung, para bobotoh/suporter wajib untuk memberikan dukungan terhadap atlet yang sedang bertanding, kreatifitas dukungan inilah yang dinilai.
  • Sebagai tanda dukungan kemenangan atas tim-nya, pada saat selesai pertandingan, para bobotoh /suporter diperbolehkan memasuki lapangan pertandingan (akan diiringi musik).
  • Kedua hal tersebut akan dinilai, sesuai dengan ketentuan yang telah dijelaskan di poin Bobotoh/Suporter.

B. Kreativitas Seni:

1. Aleut-Aleutan (Kelompok/ 20 oramg):
Aleut-aleutan adalah pawai kontingen fakultas dan mahasiswa asing yang terdiri dari sivitas akademika fakultas dan para mahasiswa asing Unpad. Garis start Aleut-aleutan akan dimulai dari Kampus Unpad menuju kawasan Dago Car Free Day, menyusuri jalan Dago dan kembali lagi ke kampus Unpad.

Aleut-aleutan bukan sekedar pawai biasa, setiap kontingen akan dinilai oleh tim juri. Oleh karena itu, pawai fakultas ini harus memiliki daya tarik. Seluruh peserta diwajibkan membuat konfigurasi gerak sambil berjalan, yang terbagi menjadi 2 (dua) jalur lintasan penilaian, yaitu;

  • Pertigaan Jl. Teuku Umar & Jl. Ir. H. Djuanda s.d Jl. Ir. H. Djuanda No. 84-86
  • H. Djuanda No. 84-86 s.d Perempatan Jl. Cikapayang.

Tema konfigurasi gerak, kostum, aksesoris dan properti tidak ditentukan panitia (bebas). Bisa bertema tradisional atau modern.
Kriteria Penilaian: kompak, meriah, semarak, heboh, dan menghibur.

2. Rampak Gerak (Kelompok/ 20 orang): Lomba ini sebelumnya dilaksanakan di Graha Sanoesi Hardjadinata. Tahun ini, Rampak Gerak akan dilaksanakan berupa atraksi dan merupakan bagian dari tim aleut-aleutan. Ketika kontingen fakultas melewati area Dago Car Free Day, tim rampak gerak diharuskan membuat atraksi selama tiga menit di hadapan tim juri.

3. Bobotoh Heboh (Kelompok): Mulai tahun ini, panitia Ootrad juga akan menilai kreativitas para bobotoh atau tim suporter dari setiap fakultas atau unit kerja pada saat memberikan dukungan kepada atlet ketika bertanding olahraga tradisional.

Ketentuan :

  • Peserta adalah seluruh bobotoh atau suporter kontingen/atlet olah raga tradisional baik dari fakultas maupun unit kerja di lingkungan Universitas Padjadjaran yang mengikuti Aleut-aleutan.
  • Tema, kostum, aksesoris dan properti tidak ditentukan panitia (bebas). Bisa bertema tradisional atau modern.

4. Maskot Kahot (Perorangan): Setiap kontingen fakultas biasanya memiliki maskot yang unik ketika acara Ootrad berlangsung; Maskot biasanya berjalan paling depan pada saat pawai aleut-aleutan, atau pada saat aneka pertandingan berlangsung; Maskot setiap kontingen ini akan dinilai oleh tim juri dengan ketentuan berikut ini:

Ketentuan:
Maskot harus berperan sebagai leader tim bobotoh (baik di tim kreativitas seni maupun olah raga); Personal yang paling aktif/heboh; Berkostum unik; Hadiah atau penghargaan akan diberikan kepada Juara 1 (peserta terbaik) saja.

C. Bobot Penilaian:

Bobot Penilaian setiap cabang Lomba:
Terdapat Bobot penilaian yang berbeda pada setiap cabang lomba, dengan mempertimbangkan:
Jumlah peserta pada setiap cabang lomba; Lamanya proses persiapan suatu cabang lomba, Misalnya: Aleut-aleutan dan Rampak Gerak memerlukan proses yang lama untuk mempersiapkan (latihan); Biaya yang dikeluarkan untuk suatu cabang lomba, Misalnya: membuat atau sewa kostum, aksesoris dan property, Biaya latihan (pelatih dan konsumsi).

Maka dengan ini panitia menetapkan bobot penilaian pada setiap cabang, sebagai berikut;

  • Lomba Olah Raga Tradisional: Juara 1 (3 point), Juara 2 (2 Point), Juara 3 (1 Point).
  • Aleut-aleutan         : Juara 1 (5 point), Juara 2 (3 Point), Juara 3 (2 Point).
  • Rampak Gerak: Juara 1 (5 point), Juara 2 (3 Point), Juara 3 (2 Point).
  • Lomba Bobotoh Heboh: Juara 1 (4 point), Juara 2 (3 Point), Juara 3 (2 Point).
  • Lomba Maskot Kahot: Juara 1 (1 Point).

Penentuan Juara Umum Ootrad ke 7 Tahun 2014
Juara umum adalah fakultas atau unit kerja yang berhasil meraih point terbanyak dari seluruh lomba.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat panitia Ootrad-7 Universitas Padjadjaran, Kantor Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (LPKA) Unpad, Jl. Raya Bandung-Sumedang, Km. 21 Jatinangor, telp. (022) 84288888, pes. 1303 , narahubung: Aceng Abdullah (08122371807), email: acengabd@yahoo.com

OOTRAD & PESTA RAKYAT

Share this: