Mahasiswa Fisika Unpad Ikuti Pertukaran Mahasiswa ke Tohoku University Jepang

Riesma Tasomara (berkerudung), mahasiswa Fisika Unpad angkatan 2010, baru saja selesai mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Tohoku University Jepang selama satu tahun hingga Agustus 2014 lalu. Di sana, Riesma menjadi bagian dari anggota laboratorium Prof. Koike yang berkonsentrasi pada penelitian Low Temperature Physics and Superconductivity.

[Unpad.ac.id, 15/10/2014] Program studi Fisika FMIPA Unpad telah mengirimkan satu orang mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa “Junior Year Program in English (JYPE)” di Tohoku University, Jepang. Mahasiswa terpilih tersebut adalah Riesma Tasomara dari angakatan 2010. Ia tinggal dan belajar di sana selama satu tahun, mulai Oktober 2013 hingga Agustus 2014 lalu. Program pertukaran mahasiswa yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai nergara ini merupakan bagian dari wujud kerja sama internasional antara Fakultas MIPA Unpad dengan Graduate School of Engineering, Tohoku University.

Riesma Tasomara (berkerudung), mahasiswa Fisika Unpad angkatan 2010, baru saja selesai mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Tohoku University Jepang selama satu tahun hingga Agustus 2014 lalu. Di sana, Riesma menjadi bagian dari anggota laboratorium Prof. Koike yang berkonsentrasi pada penelitian Low Temperature Physics and Superconductivity.
Riesma Tasomara (berkerudung), mahasiswa Fisika Unpad angkatan 2010, baru saja selesai mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Tohoku University Jepang selama satu tahun hingga Agustus 2014 lalu. Di sana, Riesma menjadi bagian dari anggota laboratorium Prof. Koike yang berkonsentrasi pada penelitian Low Temperature Physics and Superconductivity.*

Program ini terdiri dari kegiatan individual research training selama dua semester yang merupakan kegiatan wajib, beserta perkuliahan dalam bahasa Inggris baik course khusus program JYPE ataupun course regular yang diikuti program mahasiswa asing dan mahasiswa Jepang. Peserta pun berkesempatan merasakan iklim penelitian yang terkonsentrasi di salah satu lab.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa keikutsertaan Riesma dalam program ini diprakarsai oleh Koordinator Program Studi Fisika Dr. Risdiana, M. Eng., yang telah menjalin kerja sama internasional dengan salah satu profesor dari Department of Applied Physics, School of Engineering, Tohoku University yaitu Prof. Yoji Koike serta didukung penuh oleh Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Budi Nurani R. Pihak Tohoku University kemudian memilih Prof. Yoji Koike sebagai Academic Advisor bagi Riesma selama berada di Tohoku University, Sendai Jepang.

Selama mengikuti program tersebut, Riesma harus mengikuti kegiatan laboratorium mulai dari kegiatan penelitian, seminar mingguan, pertemuan mingguan lab, sampai dengan kegiatan olahraga. Lab Prof. Koike yang berkonsentrasi pada penelitian Low Temperature Physics and Superconductivity tersebut memberikan topik penelitian mengenai konduktivitas termal spin pada sistem spin Satu Dimensi AFeX3. Bahan ini berpotensi sebagai bahan dengan konduktivitas termal tinggi yang akan sangat berguna untuk berbagai piranti elektronik di masa depan. Topik tersebut kini dijadikan sebagai bagian dari skripsi Riesma. Ini merupakan topik yang sangat berpotensi untuk dikembangkan dengan peluang untuk publikasi sangat terbuka lebar karena termasuk sebagai kajian yang sangat baru di dunia penelitian Fisika material.

Keikutsertaan mahasiswa dalam JYPE Tohoku University akan terus diupayakan di tahun berikutnya. “Harapannya dapat terjalin lebih lanjut kerja sama penelitian sehingga dapat meningkatkan kualitas penelitian di dalam negeri serta membuka peluang besar bagi mahasiwa untuk melanjutkan program studinya di Tohoku University khususnya dan di universitas Jepang lainnya,” ujar Dr. Risdiana.

Di samping kegiatan penelitian, bersama mahasiswa Indonesia lainnya yang sedang kuliah di Tohoku University, Riesma juga berkesempatan mempromosikan dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat Jepang dan mahasiswa asing lainnya. Mereka mengadakan festival Indonesia dan juga berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan festival lokal dan internasional. Tidak hanya dalam hal pengalaman riset dan pendidikan tinggi, program ini menjadi ajang pertukaran budaya dengan seluruh civitas akademi Tohoku University.*

Rilis oleh: Prodi Fisika FMIPA Unpad/mar

Share this: