Sebelas Mahasiswa Peserta Double Degree PSMIL Unpad Berangkat ke Belanda

Mahasiswa PSMIL Unpad angkatan 2013, 11 diantaranya terpilih mengikuti double degree ke universitas di Belanda *

[Unpad.ac.id, 6/10/2014] Sebanyak 11 orang mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL) Pascasarjana Unpad berangkat ke Belanda untuk mengikuti program double degree dengan University of Twente dan ISS Erasmus University Negara Belanda pada akhir Agustus lalu. Sebelumnya para mahasiswa tersebut telah menjalani perkuliahan selama 1 tahun di PSMIL Ps Unpad dan akan melanjutkan kuliah selama 1 tahun di University of Twente atau di ISS Erasmus University.

Mahasiswa PSMIL Unpad angkatan 2013, 11 diantaranya terpilih mengikuti double degree ke universitas di Belanda *
Mahasiswa PSMIL Unpad berada di antara mahasiswa University Twente Belanda *

Koordinator PSMIL Ps Unpad Parikesit, M.Sc., Ph.D menyatakan bahwa program double degree ini dimaksudkan agar mahasiswa PSMIL-Ps Unpad dapat mengenyam sistem pendidikan internasional sehingga mereka akan lebih percaya diri untuk bersaing secara global.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa tahun 2014 ini merupakan tahun keenam atau Batch VI PSMIL-Ps Unpad mengirimkan mahasiswa untuk menjalani kuliah di University of Twente. Kali ini mahasiswa PSMIL yang diberangkatkan tersebut adalah   Egnas Sukma, Okky Yuda Nagarana, Jimmy Kalther, Amru, Jatmiko Wahyudi, Fauzan Kahfi, dan Eddy Efendi. Sebagai informasi, program double degree antara PSMIL-PS Unpad dan University of Twente telah mendapatkan akreditasi dari kementerian Pendidikan Belanda.

Sementara itu, untuk Program Double Degree dengan ISS Erasmus University tahun ini merupakan tahun pertama atau Batch I. Total mahasiswa yang akan studi di ISS adalah empat orang yakni Zulfadhli Nasution, Selly Agustina, Firdhan Aria Wijaya, dan Heru Saputra.

Kesebelas mahasiswa tersebut merupakan penerima beasiswa dari berbagai lembaga pemberi beasiswa, antara lain, Beasiswa Unggulan BPKLN Kemdikbud, LPDP Kementerian Keuangan, Neso Belanda, dan beasiswa langsung dari University of Twente. Mereka berhasil meraih beasiswa tersebut setelah lulus dari berbagai proses seleksi.

Para penerima beasiswa tersebut akan mendapatkan beberapa keringanan diantaranya adalah lebih pendeknya waktu studi dan lebih murahnya biaya pendidikan yang dibayarkan oleh pihak pemberi beasiswa. Pendeknya waktu studi dikarenakan adanya sistem transfer kredit, dimana terdapat beberapa mata kuliah PSMIL-Ps Unpad yang diakui dan tercantum dalam transkrip akademik. *

Rilis oleh: PSMIL Ps Unpad/mar

Share this: