Palawa Unpad Eksplorasi Kawasan Karst Klapanuggal dan Karst Pangkalan

Anggota Palawa Unpad saat melakukan eksplorasi di salah satu kawasan karst di Jawa Barat *

[Unpad.ac.id, 25/07/2014] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) Palawa Unpad melakukan kegiatan ekspedisi penelitian dan eksplorasi kawasan karst di Jawa Barat, 10 – 20 Juli 2014 lalu. Ekspedisi dilakukan di dua tempat, yakni kawasan karst Klapanunggal di Kabupaten Bogor dan kawasan Karst Pangkalan di Kabupaten Karawang.

Anggota Palawa Unpad saat melakukan eksplorasi di salah satu kawasan karst di Jawa Barat *
Anggota Palawa Unpad saat melakukan eksplorasi di salah satu kawasan karst di Jawa Barat *

Sebanyak 10 anggota menyusuri kawasan Karst Klapanunggal dan 9 anggota lain menyusuri kawasan Karst Pangkalan.Kedua kawasan ini dipilih untuk mendokumentasikan keberadaan kawasan karst di Jawa Barat. Selain itu, kedua kawasan tersebut belum banyak disusuri oleh para pegiat susur gua lainnya.

Ekspedisi kali ini mengusung dua konsep, yaitu konsep endokarst yang meliputi pemetaan dan pendokumentanis gua, pengambilan sampel, pendataan ornamen maupun fauna gua, serta konsep eksokarst yang meliputi pendataan dan pengabdian kepada masyarakat di sekitar lokasi ekspedisi.

Dua konsep tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan pasca survei lokasi yang dilakukan. Survei awal dilakukan untuk mencari informasi tentang kawasan. Namun, tim juga menemukan kondisi masyarakat sekitar yang uni.

“Pendataan masyarakat meliputi aspek sosial, budaya, ekonomi dan juga pendataan mengenai Corporate Social Responsibility (CSR) di pabrik semen setempat untuk mempelajari kedupan masyarakat yang masih minim sarana dan prasarana terutama air dan listrik,” tulis PMPA Palawa Unpad dalam rilisnya.

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pemeriksaan gigi oleh anggota Palawa dari Fakultas Kedokteran Gigi, serta pengujian kelayakan air dari sumber mata air setempat.

Hasil ekspedisi ini juga akan dipublikasikan kepada masyarakat sebagai informasi untuk mengenalkan keberadaan gua-gua serta potensi dari kedua kawasan karst tersebut. Diharapkan, masyarakat umum pun turut andil melestarikan kedua kawasan karst tersebut.*

Rilis oleh: PMPA Palawa Unpad/am*

 

Share this: