Logo Unpad *

[Unpad.ac.id, 23/06/2014] Penyelenggaraan Semester Antara tahun 2014 oleh fakultas bersifat optional, artinya fakultas tidak wajib menyelenggarakan semester antara. Bagi fakultas yang berencana menyelenggarakan semester antara, diminta untuk menaati pedoman teknis penyelenggaraan semester antara 2014.

Logo Unpad *
Logo Unpad *

Keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan rapat Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan, Wakil Dekan 1 dan Wakil Dekan 2 di lingkungan Unpad pada 9 Juni 2014 lalu. Secara prinsip, teknik penyelenggaraan pembelajaran semester antara tahun akademik 2014 tidak berbeda dengan teknik penyelenggaraan tahun sebelumnya, baik remediasi maupun akselerasi.

“Dengan berlakunya Uang Kuliah Tunggal (UKT) maka terhadap mahasiswa angkatan 2013 yang menjadi calon peserta semester antara tidak dikenakan beban biaya apapun. Biaya penyelenggaraan bagi mahasiswa angkatan 2012 dan sebelumnya dibayar sendiri oleh mahasiswa dengan waktu dan besaran sesuai ketentuan,” ujar Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS.

Pada petunjuk teknis pengelolaan semester antara tahun 2014 antara lain disebutkan, pelaksanaan kegiatan semester antara memiliki dua kegiatan berbeda, yaitu remediasi dan akselerasi. Remediasi diselenggarakan untuk memperbaiki nilai akhir mahasiswa pada tiap mata kuliah yang sudah ditempuh. Sedangkan akselerasi merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah yang ditempatkan pada semester di atasnya sehingga dapat mempersingkat masa studi.

Mahasiswa yang berhak mengikuti remediasi adalah yang memiliki nilai C, D, atau E, untuk matakuliah yang sudah ditempuh. Mata kuliah yang diremediasi bukan mata kuliah berpraktikum, dan mata kuliah dengan nilai K (kosong) tidak bisa diperbaiki melalui remediasi. Sementara mahasiswa yang boleh mengikuti akselerasi adalah mereka yang memiliki IPK minimal 3,35. Dalam mata kuliah berprasyarat, mahasiswa peminat akselerasi ahrus telah lulus dalam mata kuliah prasyarat tersebut.

Masa perkuliahan semester antara dijadwalkan berlangsung antara 30 Juni 2014 sampai dengan 15 Agustus 2014. *

Laporan oleh: Erman

Share this: