Ini Beberapa Alasan Mengapa Para Calon Mahasiswa Memilih Unpad?

Kiri ke kanan: Andini Lestasi, Raka Yulio Pratama, dan Vania Putri, 3 dari 2.696 peserta SNMPTN 2014 yang lulus ke Unpad (Foto oleh: Arief Maulana)*

[Unpad.ac.id, 17/06/2014] Calon mahasiswa baru Unpad Tahun Akademik 2014/2015 punya beragam alasan memilih Unpad. Hal tersebut tampak pada beberapa calon mahasiswa baru saat melakukan registrasi administrasi untuk jalur SNMPTN, Selasa (17/06) di Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor.

Salah satu mahasiswa baru Unpad yang lulus melalui SNMPTN sedang foto untuk Kartu Tanda Mahasiswa saat proses registrasi administrasi di Bale Santika Unpad, Jatinangor (17/06) (Foto oleh: Arief Maulana) *
Salah satu mahasiswa baru Unpad yang lulus melalui SNMPTN sedang foto untuk Kartu Tanda Mahasiswa saat proses registrasi administrasi di Bale Santika Unpad, Jatinangor (17/06) (Foto oleh: Arief Maulana) *

Berdasarkan pantauan Humas Unpad, sebagian besar calon mahasiswa baru memilih Unpad adalah banyaknya prestasi yang berhasil ditorehkan civitas akademikanya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Vania Putri misalnya, calon mahasiswa baru asal Bekasi ini mantap berkuliah di program studi Farmasi Fakultas Farmasi Unpad, sesuai dengan pilihannya pada SNMPTN.

“Saya memilih Farmasi Unpad, karena sudah banyak prestasi yang dihasilkan oleh dosen maupun mahasiswanya,” kata Vania di sela-sela pelaksanaan registrasi.

Lain lagi dengan Raka Yulio Pratama Mamahit. Calon mahasiswa baru asal Sukabumi ini diterima di prodi Ilmu Komunikasi Fikom Unpad. Sejak SMA, ia sudah merencanakan untuk melanjutkan studi di Fikom Unpad karena ketertarikannya terhadap ilmu komunikasi.

Hal lain yang menjadi alasan adalah Unpad memiliki ragam program studi yang dapat disesuaikan dengan minat para siswa. Andini Lestari dan Rahmalia, dua orang calon mahasiswa baru asal Tangerang ini memilih program studi Biologi dan Sastra Jerman di Unpad. Andini sejak SMA menyukai ilmu Biologi, sementara Rahmalia pun sudah sejak tingkat sekolah telah belajar bahasa Jerman.

Menurut keduanya, Unpad merupakan perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan-lulusan terbaik. Keinginan untuk masuk Unpad ini juga didukung oleh teman-teman, orang tua, kerabat, maupun para mahasiswa yang sebelumnya melakukan sosialisasi ke sekolahnya.

Sehingga, baik Vania, Raka, Andini, maupun Rahmalia, akan mengoptimalkan kesempatan berkuliah di Unpad ini dengan sebaik-baiknya. Mereka pun akan mencari pengalaman-pengalaman baru nanti ketika menjadi mahasiswa, dengan aktif di beberapa organisasi kemahasiswaan di samping kegiatan akademik.

“Saya ingin berkuliah dengan baik dan tidak akan mengecewakan kedua orang tua saya,” timpal Vania.

Untuk tahun ini, total calon mahasiswa baru Unpad yang diterima melalui jalur SNMPTN berjumlah 2.696 orang. Sebanyak 2.068 orang melakukan registrasi administrasi pada hari ini, dan 628 orang yang diterima pada Program Bidikmisi akan melakukan registrasi pada Rabu (18/06) besok.

Kiri ke kanan: Andini Lestasi, Raka Yulio Pratama, dan Vania Putri, 3 dari 2.696 peserta SNMPTN 2014 yang lulus ke Unpad (Foto oleh: Arief Maulana)*
Kiri ke kanan: Andini Lestasi, Raka Yulio Pratama, dan Vania Putri, 3 dari 2.696 peserta SNMPTN 2014 yang lulus ke Unpad (Foto oleh: Arief Maulana & Tedi Yusup)*

Unpad-Telkomsel
Menurut Kasubbag Registrasi Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, drs. Agus Muchtarom, untuk tahun akademik sekarang, setiap calon mahasiswa baru mendapatkan kartu perdana dari Telkomsel. Hal ini merupakan realisasi kerja sama antara Unpad dengan Telkomsel.

Kartu perdana ini akan digunakan untuk memberikan informasi akademik dari Unpad kepada mahasiswanya. Agus menuturkan, selama ini layanan informasi tersebut diberikan setelah ada pesan permintaan langsung yang diajukan mahasiswa.

“Dengan kartu ini, minta atau tidak minta mahasiswa akan kita kasih informasi. Contohnya misalkan informasi SIAT, jadwal registrasi, dan informasi akademik lainnya” kata Agus.

Manfaat lainnya, kartu ini dapat melakukan panggilan dan SMS secara gratis kepada civitas akademika yang juga mendapat kartu serupa pada saat registrasi. Lanjut Agus, kartu ini akan diberikan kepada calon mahasiswa baru TA 2014/2015, baik untuk jalur SNMPTN, SBMPTN pada program Sarjana, maupun program Pascasarjana, dan Diploma.

Hal lain yang disampaikan oleh Agus adalah perubahan jadwal Silaturahmi para Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru Program Sarjana. Informasi semula kegiatan ini akan digelar pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2014, akan dipindahkan ke tanggal 14 dan 15 Agustus 2014.

Sementara itu, pada Selasa (17/06) ini juga, sejumlah peserta SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) mengikuti ujian seleksi di Unpad Kampus Jln. Dipati Ukur 35 Bandung. Menurut data panitia, Unpad menjadi perguruan tinggi negeri paling banyak pendaftar pada SBMPTN 2014 ini. Sebelumnya, Unpad juga menjadi PTN yang paling banyak diminati oleh pendaftar SNMPTN 2014.

sbmptn3sbmptn2sbmptn1

*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: