Mahasiswa Fikom Unpad Gelar Kampanye “Jatinangor Tanpa Plastik”

Kampanye bahaya penggunaan plastik melalui sebuah kegiatan bertajuk Jatinangor Tanpa Plastik (Japlas) *

[Unpad.ac.id, 2/06/2014] Sampah plastik adalah material yang sulit diurai di dalam tanah. Namun, dewasa ini penggunaan plastik untuk kebutuhan hidup sehari-hari sangat tinggi. Jika dibiarkan terus menerus, keberadaan sampah plastik tentunya akan mengancam kelestarian alam.

Kampanye bahaya penggunaan plastik melalui sebuah kegiatan bertajuk Jatinangor Tanpa Plastik (Japlas) *
Kampanye bahaya penggunaan plastik melalui sebuah kegiatan bertajuk Jatinangor Tanpa Plastik (Japlas) *

Hal inilah yang menggugah mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat (Humas) Kelas A Angkatan 2011 Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad menggelar kampanye bahaya penggunaan plastik melalui sebuah kegiatan bertajuk Jatinangor Tanpa Plastik (Japlas).

Dalam rilisnya disebutkan, Japlas ini merupakan social environmental campaign yang mengusung slogan “Satu Plastik seribu Tahun”. Tujuannya adalah untuk menyadarkan peserta dan masyarakat pada umumnya akan bahaya penggunaan plastik yang dikemas dengan acara-acara sarat edukasi dan entertainment.

Bekerja sama dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Jawa Barat, Japlas terbagi dalam 3 rangkaian acara, yaitu: pre-event Japlas, main event Japlas, dan pascaevent Japlas. Untuk pre-event Japlas sendiri terdiri dari beberapa kegiatan, yakni Japlas Long March, Propaganda “Bom Plastik”, Japlas Rush, dan Japlas Photo Competition.

Salah satu kegiatan yang selesai dilakukan adalah Japlas Rush. Kegiatan yang digelar pada Sabtu (31/05) ini merupakan gabungan dari konsep “Amazing Race” dan “Running Man”. Sebanyak 11 kelompok mengikuti permainan dengan start dari area Brooklyn Unpad Kampus Jatinangor, lalu menyusuri trek untuk menuju 4 pos yang disiapkan panitia, yaitu: “Jugjagijug”, “Sekali Plastik tetap Plastik”, “Tendangan Ronaldo”, dan “Jika Aku Menjadi Bumi”, dan berakhir kembali di Brooklyn Unpad.

Menurut panitia, setiap pos mempunyai esensi tersendiri mengenai penggunaan plastik.  Salah satu esensi yang ditanamkan adalah Daun bisa menjadi pupuk, kertas bisa dipakai ulang, plastik akan tetap menjadi plastik. Masih mau menggunakan plastik lagi kalau ada solusi yang lebih membantu, seperti pakai tumblr, tempat makan, dan tottebag?.

Di akhir acara, peserta telah diberikan “Lembar Komitmen Agen Japlas”, yaitu lembar yang berisi komitmen dan tanda tangan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

Adapun tim yang berhasil memenangkan juara pertama dengan hadiah sebesar satu juta rupiah ialah Real Azmi Izzatillah, Cica Hastuti, dan Ajiz Ahmad. Juara kedua dengan hadiah sebesar Rp500.000,00 diraih oleh Chintia Putri N.S, Karina Isna Irawan, I Made Sutrisna Adi, serta  juara ketiga dengan hadiah sebesar Rp250.000,00 diraih Bretty Sari Olivia, Ricky Sihombing, dan Chandra Silitonga.

Hal lain yang mendorong digelarnya kegiatan ini adalah keinginan mahasiswa Humas A Fikom Unpad Angkatan 2011 untuk berkontribusi aktif menarik partisipasi masyarakat Jatinangor dalam aksi mengurangi penggunaan plastik di Jatinangor, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab di dalam merawat lingkungan dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sampah plastik.*

Rilis : Humas A Fikom Unpad Angkatan 2011 / am *

Share this: