Besok Seleksi Calon Mahasiswa Pascasarjana, Spesialis & Profesi, Peserta Harap Cek Lokasi Ujian

Logo Unpad *

[Unpad.ac.id, 30/05/2014] Universitas Padjadjaran akan menyelenggarakan ujian (wawancara) dalam rangka Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) program Pascasarjana, Spesialis dan Profesi pada Sabtu (31/5) mendatang. Pelaksanaan wawancara ini akan dilakukan di berbagai lokasi kampus Unpad, baik di Bandung maupun Jatinangor sesuai dengan program studi masing-masing.

Mengingat pelaksanaan wawancara ini tersebar di berbagai lokasi, Koordinator SMUP, Dr. Ir. Denie Heryadi, MS., mengharapkan seluruh peserta meninjau lokasi ujian terlebih dahulu, sehari sebelum pelaksanaan. Daftar lokasi ujian untuk jenjang S-2 tercantum di laman SMUP Magister. Daftar lokasi ujian untuk jenjang S-3 tercantum di laman SMUP Doktor. Sedangkan untuk lokasi ujian program Profesi tercantum di laman SMUP Profesi dan untuk lokasi ujian program Spesialis tercantum di laman SMUP Spesialis.

“Bagi para peserta ujian khususnya yang berasal dari luar kota, diharapkan menyurvei lokasi ujian terlebih dahulu, paling tidak sehari sebelumnya,” ujar Dr. Denie.

Selain itu, ia juga berpesan kepada peserta ujian untuk program PPDS dan PPDGS untuk membawa bekal makanan mengingat waktu ujian yang lebih lama dan khawatir kesulitan mencari makan karena jeda waktu istirahatnya yang sempit.

Sementara itu, Dr. Denie mengatakan bahwa mengingat pelaksanaan ujian berlangsung pada hari libur, panitia SMUP juga akan menyediakan beberapa unit angkutan kampus di kampus Jatinangor untuk beroperasi selama pelaksanaan ujian.

Pada penyelenggaraan SMUP kali ini, terdapat sebanyak 2.481 orang peserta untuk jenjang Pascasarjana, Spesialis dan Profesi. Perinciannya adalah, S-2 sebanyak 1.584 orang, S-3 sebanyak 406 orang, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) sebanyak 363 orang dan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) sebanyak 128 orang.

Berdasarkan data yang terhimpun, pada gelombang pendaftaran SMUP kali ini, untuk jenjang Pascasarjana S-2, 4 program studi dengan jumlah peserta ujian terbanyak adalah, Kenotariatan (270 orang), Kebidanan (235 orang), Keperawatan (198 orang) dan Psikologi Profesi (124 orang). Sedangkan untuk jenjang S-3 adalah Ilmu Administrasi (61 orang), Ilmu Manajemen (51 orang), Ilmu Komunikasi (47 orang) dan Ilmu Hukum (42 orang).

Sementara itu untuk Program Spesialis, 4 program studi dengan jumlah peserta ujian terbanyak untuk PPDS adalah, Radiologi (43 orang), Penyakit Dalam (37 orang), Anastesiologi (32 orang) dan Kardiologi (30 orang). Sedangkan untuk PPDGS adalah Konservasi Gigi (36 orang), Ilmu Bedah Mulut (29 orang), Ortodonsia (18 orang), dan Ilmu Kedokteran Gigi Anak (IKGA, 18 orang). *

Laporan oleh: Marlia / eh *

Share this: