Delegasi Gent University Belgia Kunjungi Unpad Bahas Kerja Sama Akademik

Delegasi Gent University Belgia dan Pimpinan Unpad berfoto bersama di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor *

[Unpad.ac.id, 26/04/2014] Unpad mendapat kunjungan kehormatan dari delegasi Gent University Belgia pada Kamis (24/04) kemarin. Rombongan ini terdiri atas Honorary Vice Rector dan Dean of Faculty of Economics and Business Administration, Prof.Dr. Marc De Clercq, Dean of Faculty of Bioscience Engineering, Prof. Dr. Guido Van Huylenbroeck, diikuti oleh staf dari International Office Gent University serta staf dari Kedubes Indonesia di Bruessel.

Delegasi Gent University Belgia dan Pimpinan Unpad berfoto bersama di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor *
Delegasi Gent University Belgia dan delegasi Unpad berfoto bersama di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor *

Delegasi diterima oleh Wakil Rektor bidang Kerja Sama dan PPM Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., didampingi oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Iskandar, Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Dr. Mimin Muhaemin, Wakil Dekan I Fakultas Pertanian, Anas, PhD, Kepala UPT Kerja Sama Unpad, Dr. Anne Nurbaity serta koordinator kerja sama fakultas.  Kegiatan ini difasilitasi oleh alumni Gent University yaitu Prof. Faisal Affif.

Kunjungan ini telah membahas berbagai hal menyangkut prinsip kerja sama yang akan dilakukan, terutama mendorong joint research antar peneliti.  Telah diidentifikasi beberapa topik untuk kerja sama, yakni menyangkut biodiversitas di laut, bioremediasi, tanaman transgenik, teknologi pertanian, serta kedokteran.  Untuk itu, para peneliti aktif akan difasilitasi berdialog dengan peneliti yang memiliki keahlian yang sama dari Unpad dan Gent University.

Kerja sama penelitian ini akan dimanfaatkan untuk mendorong studi lanjut dari dosen maupun alumni Unpad, sehingga dapat dilakukan joint supervision untuk program PhD.  Pada tahun 2014 ini, sudah ada dosen Gent University yang terlibat sebagai pembicara pada konferensi internasional yang diselenggarakan oleh FPIK Unpad.

Melihat kualitas Gent University yang merupakan salah satu universitas terbaik di Gent, dan berada di peringkat 85 dunia, maka peluang kerja sama ini sangat strategis dalam fase pengembangan Unpad untuk memperkuat penelitian yang unggul.  Pada paparan yang disampaikan oleh WR III Unpad, maupun Honorary Vice Rector Gent University, terlihat kesamaan riset unggulan yang mengangkut ketahanan pangan, kesehatan, energi, lingkungan dan kebijakan secara umum.

Pada pertemuan ini, ditawarkan juga Summer Program yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad  untuk diikuti mahasiswa FEB Gent University.  Diharapkan dapat diawali dengan mobilitas mahasiswa, agar mobilitas dosen akan dapat dilaksanakan. Melalui skema SAME maupun Sandwich-like, kesempatan untuk mobilitas akademik ini akan dilaksanakana.

Melihat diskusi yang sangat interaktif dan fokus pada rencana teknis kerjasama, maka kita optimis bahwa kerja sama Gent dan Unpad yang sudah terjadi selama ini melalui studi lanjut dosen Unpad, akan dapat dikembangkan pada masa yang akan datang.  Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kerja sama ini akan dituangkan dalam Letter of Intent, MoU maupun MoA yang lebih mengikat.

Tentunya diharapkan lebih jauh, keaktifan dan prakarsa sivitas akademika Unpad dan alumni memanfaatkan peluang kerja sama ini dalam waktu yang tidak terlalu lama.*

Rilis oleh: Wakil Rektor bidang Kerja Sama dan PPM Unpad / art*

Share this: