Unpad Sosialisasikan SBML PTN Kepada Pimpinan Fakultas dan Prodi

Sosialisasi Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Rabu (26/3) kemarin. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 27/03/2014] Berkenaan dengan telah terbitnya Surat Keputusan Menteri Keuangan tentang Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Unpad melakukan sosialisasi terkait hal tersebut pada Selasa (25/03) lalu. Acara dilaksanakan di Bale Sawala Unpad, Jatinangor.

Sosialisasi  Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Rabu (26/3) kemarin. (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Sosialisasi Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Rabu (26/3) kemarin. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Acara ini dilaksanakan untuk menyosialisasikan standar biaya masukan lainnya untuk kegiatan akademik oleh dosen.  Selain itu, juga memprasosialisasi mengenai kompensasi dosen dengan tugas tambahan,” ungkap Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Keuangan, Prof. Dr. Rina Indiastuti, SE., MSIE saat ditemui seusai acara.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah para Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Ketua Departemen, dan Kepala Biro di lingkungan Unpad. Prof. Rina sendiri bertindak sebagai pembicara, didampingi oleh  Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Unpad, Cahya Irawady, S.E., M.Si., Ak.

Cahya menjelaskan, surat keputusan Menteri Keuangan tertanggal 13 Maret 2014 tersebut dikeluarkan Menteri Keuangan menjawab usulan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melengkapi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 72/PMK.02/2013 mengenai Standar Biaya Masukan Tahun 2014. Pada PMK tersebut, ada banyak aktivitas perguruan tinggi yang tidak ada tarifnya, sehingga banyak kegiatan di perguruan tinggi yang tidak bisa dibayar.

“Untuk melengkapinya, perguruan tinggi yang diwakili oleh perguruan tinggi BLU itu mengusulkan tarif-tarif yang melengkapi PMK No.72. Jadi PMK nya sendiri tidak berubah,” jelas Cahya.

Selain itu, Cahya juga mengungkapkan bahwa saat ini sedang diusulkan juga terkait standar remunerasi BLU.  “Sekarang sedang diajukan. Angkanya kita tunggu nanti karena sekarang masih dalam proses,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Cahya berharap para peserta yang hadir dapat meneruskan informasi tersebut ke para dosen di lingkungan Unpad.  Kedepannya, roadshow sosialisasi diharapkan dapat dilakukan secara bertahap.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *

Share this: